Yamaha

Ganda Putra Ditargetkan Juarai Malaysia Open 2021, Herry IP Tunggu Drawing

  Rabu, 28 April 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2021 akan bergulir pada 25-30 Mei mendatang di Kuala Lumpur. Ajang dengan level BWF Super 750 itu masuk dalam penghitungan poin Olimpiade.

Tidak seperti turnamen-turnamen sebelumnya di masa pandemi Covid-19 dimana beberapa negara harus menarik diri, turnamen kali ini merupakan pertama kalinya ajang BWF diikuti oleh seluruh pesertanya, termasuk China. Diketahui negara tersebut tidak mengikuti turnamen internasional selama setahun lebih.

Hal ini membuat salah satu sektor yang turut menjadi perhatian dan kerap menyumbang prestasi bagi Indonesia, yaitu sektor ganda putra, mempunyai kekuatan penuh.

Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan M&Q Report Malaysia Open 2021 yang telah keluar, sektor ganda putra top 20 akan turut berpartisipasi, termasuk jawara asal Chinese Taipei di tiga tur Asia pada Januari lalu di Bangkok, Wang Chi-Lin/Lee Yang dan ganda putra andalan China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi memberikan pandangannya. Dia mengatakan akan memberikan target juara kepada tiga anak asuhnya yang ikut dalam turnamen Malaysia Open 2021. 

"Malaysia open ya target juara. Diantara 3 pasang yang dikirim punya peluang yang sama," ujar Herry IP saat dimintai keterangan oleh Ayojakarta, Rabu 28 April 2021.

Ketika ditanya terkait kekuatan penuh ganda putra di turnamen tersebut, Herry IP mengatakan akan melihat lebih jauh persaingan anak asuhnya ketika drawing turnamen sudah ada. 

"Tapi real-nya, tunggu drawing keluar, baru bisa lebih jelasnya," katanya.

Hal ini dirasa penting mengingat peta kekuatan di sektor ganda putra telah merata. Baik pasangan peringkat atas dan bawah sudah saling mengalahkan dan mempunyai H2H yang seimbang. 

Terlebih bagi ganda putra terbaik saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang belum sama sekali bertemu dengan lawan-lawannya di peringkat 20 besar setelah adanya pandemi Covid-19.

Kevin/Marcus harus absen di turnamen leg Asia di Bangkok ketika teman-teman satu Pelatnasnya pergi bertanding pada Januari lalu. Hal itu terjadi lantaran Kevin diketahui terinfeksi Covid-19 pada akhir Desember 2020.

Turnamen selanjutnya pada gelaran All England 2021, Indonesia mengirimkan kekuatan penuhnya berupa pemain-pemain top 10 di semua sektor. Namun, Tim Indonesia dipaksa mundur di hari pertama pertandingan oleh BWF karena terindikasi satu pesawat dengan orang yang disinyalir terkena Covid-19. 

Nantinya, drawing dari Malaysia Open 2021 diperkirakan akan keluar pada pekan depan. Tim Indonesia mengirimkan 11 wakil di Malaysia Open 2021 plus 1 wakil gado-gado berbendera Malaysia/Indonesia.

Berikut daftar lengkapnya :

Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Mohamad Arif Ab Latif/Rusydina Antardayu Riodingin (MAS/INA)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar