Yamaha

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Agar Berat Badan Cepat Turun!

  Sabtu, 01 Mei 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Setiap manusia memiliki jangka waktu berbeda-beda untuk bisa menurunkan berat badan. Kondisi itu tentu dipengaruhi banyak faktor, mulai dari jenis diet yang dilakukan, target berat badan, hingga kondisi kesehatan.

Tetapi, jika Anda merasa terbatas dengan waktu dan harus menurunkan berat badan dalam waktu tiga bulan saja, hal itu bukannya tidak mungkin, lho. Dikutip dari Times of India, ada beberapa cara yang jika dilakukan secara konsisten, bisa membantu menurunkan berat badan dalam waktu tiga bulan.

1. Buat defisit kalori
Agar berat badan turun, artinya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih sedikit dari biasanya. Tubuh manusia membutuhkan kalori untuk beraktivitas. Untuk memulai perjalanan penurunan berat badan atau penurunan lemak, Anda perlu membuat defisit kalori hanya dengan makan di bawah kalori harian.

Misalnya, jika kebutuhan kalori harian Anda 2000, maka saat diet kurangi asupan kalori menjadi 1700 hingga 1800 kalori per hari. Secara perlahan-lahan, Anda dapat mengurangi kalori hingga menjadi 1500.

Perlu diingat bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Hal ini sangat dipengaruhi dengan usia, tinggi badan, hingga aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Untuk menentukan defisit kalori dalam batas aman, sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi. Sekaligus meminta saran terkait asuoan konsumsi makanan yang mendukung diet.

2. Aktivitas fisik
Setelah menentukan asupan kalori harian, biasakan tubuh selalu bergerak aktif. Mulai berolahraga atau menikmati beberapa aktivitas kebugaran lainnya. Pilih aktivitas fisik atau olahraga yang memang Anda senangi dan tidak merasa terbebani saat melakukannya.

3. Berjalan minimal 10.000 langkah
Alat hebat lainnya untuk memperkuat perjalanan penurunan berat badan adalah berjalan kaki sekitar 10.000 langkah setiap hari. Ini adalah hal yang sangat sederhana untuk dilakukan dan akan membantu dalam membakar sekitar 400-500 kalori setiap hari atau sebesar 2800-3500 kalori dalam seminggu.

4. Gunakan energi untuk melakukan aktivitas harian
Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah melakukan NEAT yaitu thermogenesis aktivitas non-olahraga. Misalnya, naik tangga saat menuju lantai atas di kantor, daripada menggunakan lift. Atau gunakan sepeda untuk transportasi dalam jarak dekat. Cara lainnya, cobalah berjalan sambil berbicara di telepon, jangan duduk terlalu lama, dan lakukan peregangan sepanjang hari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar