Yamaha

Ini Perubahan Lalu Lintas KRL Jabodetabek Selama Stasiun Tanah Abang Ditutup

  Senin, 03 Mei 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi KRL (Republika)

TEBET, AYOJAKARTA -- Pemerintah seolah harus berpikir lebih cerdas dalam membuat kebijakan terkait pandemi Covid-19. Ketika mudik tahun ini kembali dilarang, alih-alih mencegah penyebaran virus, kerumunan lain justru terjadi dengan alasan lain contohnya seperti berbelanja baju untuk hari Lebaran.

Hal itu yang sedang terjadi di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat pada Minggu, 3 Mei 2021 kemarin. Sejumlah sosial media diramaikan dengan penampakan ratusan atau bahkan ribuan orang bergerombol dan asik berbelanja tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pada Minggu siang, jumlah masyarakat yang datang ke Tanah Abang mencapai lebih dari 100.000 orang. "Hari ini data sementara (total pengunjung) sekitar 100.000 orang," ujar Anies kepada awak media, Minggu, 2 Mei 2021.

Dia menuturkan jumlah itu jauh meningkat dibanding hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar 35.000 pengunjung setiap harinya.

Alih-alih menutup pasar atau melakukan tracing dan test Covid-19 massal, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah sepakat untuk memilih kebijakan lain. Kebijakan tersebut yaitu memberhentikan Commuter Line atau KRL Jabodetabek di Stasiun Tanah Abang.

Kebijakan tersebut berlaku mulai hari ini, Senin 3 Mei 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun, PT KCI akan meniadakan keberangkatan maupun kedatangan kereta di Stasiun Tanah Abang pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Berikut rekayasa lalu lintas KRL terkait kebijakan tersebut:

  1. KRL Lintas Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP perjalannya hanya sampai dan berawal dari Stasiun Palmerah..

  2. KRL Lintas Bogor/Depok/Nambo - Angke/Jatinegara PP tidak berhenti di Stasiun Tanah Abang. Pengguna di lintas tersebut tetap dapat naik/turun menggunakan alternatif Stasiun Karet, Stasiun Duri, dan Stasiun Angke.

Di luar waktu-waktu dan lintasan KRL tersebut, layanan KRL tetap berjalan normal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar