Yamaha

Jangan Asal! Begini Cara Cuci Buah dan Sayur Selama Pandemi Covid-19

  Senin, 03 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi buah / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Di tengah lonjakan besar kasus virus corona Covid-19 di sejumlah negara, semua orang berusaha mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari patogen mematikan tersebut.

Selain mencuci tangan dan memakai masker ganda, hampir semua orang juga memastikan kebersihan makanannya dengan mencuci sayur serta buah-buahan selama pandemi virus corona Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang harus mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya.

WHO juga menyebutkan bahwa sekarang ini belum ada bukti masyarakat bisa tertular virus corona Covid-19 dari makanan, termasuk buah dan sayuran.

Berikut ini dilansir dari Jagran English, tata cara mencuci buah dan sayuran yang benar selama pandemi virus corona Covid-19.

1. Cuci tangan pakai sabun dan air sebelum mencuci buah dan sayuran

Orang harus mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air selama 20 detik, sebelum mencuci buah dan sayuran.

2. Cuci sayuran sampai bersih

Anda perlu mencuci buah dan sayuran menggunakan air bersih dan menggosoknya dengan tangan ketika membersihkannya. Tindakan itu adalah cara sederhana dan termudah untuk membersihkan buah dan sayuran.

Menurut WHO, belum ada bukti bahwa virus corona Covid-19 bisa hidup di permukaan kemasan makanan, termasuk buah dan sayuran sampai sekarang.

"Virus corona membutuhkan inang yang hidup, seperti hewan dan manusia untuk berkembang biak dan bertahan hidup, serta tidak bisa berkembang biak di permukaan kemasan makanan," kata WHO.

WHO menegaskan bahwa semua orang tidak perlu mendisinfeksi bahan kemasan makanan, tetapi tangan harus dicuci dengan benar setelah memegang kemasan makanan dan sebelum makan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar