Yamaha

5 Tips Atasi Kulit Dehidrasi Agar Cerah dan Sehat Kembali

  Rabu, 05 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi wajah dehidrasi / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Selain rasa haus, tidak adanya asupan air selama berpuasa juga dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Tanda-tandanya sendiri adalah kering dan kusam.

Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah-buahan sangat dianjurkan. Namun, bagaimana cara mengatasi hal tersebut saat tidak boleh makan dan minum seperti halnya ketika berpuasa? Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan pelembab

Sesuai namanya, pelembab dapat membuat kulitmu tidak kering. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti Humektan, Emolien, dan Petrolatum.

Di luar sana banyak sekali jenisnya yang terjual. Kamu bisa memilih sekiranya yang paling cocok untuk kondisi lain dari kulitmu. Misalnya, terlalu sensitif. Anjuran penggunaan pelembab ini adalah setelah mandi atau saat kulit dalam keadaan bersih.

2. Memakai tabir surya

Tips nomor dua ini sangat cocok untuk kamu para pekerja lapangan. Tidak diasupi air ditambah terkena sinar matahari dapat membuat kulitmu menjadi sangat kering.

Maka dari itu, sebelum beraktivitas, gunakanlah tabir surya pada wajah dan tubuhmu. Kandungannya seperti minyak dan lanoli dapat melindungi kulit dari kekeringan.

3. Mandi air dingin

Selain menyegarkan, mandi menggunakan air dingin ternyata bagus untuk kulit, loh. Menurut para ahli, air dengan kondisi tersebut dapat membuat kulit jauh lebih sehat. Kamu akan merasakan kelembapan dan terlihat jauh lebih berseri.

4. Menggunakan bahan alami

Sesuatu yang alami sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Termasuk untuk mengatasi kulit kering. Beberapa bahan yang bisa kamu pakai adalah lidah buaya, madu, dan mentimun. Ketiganya memiliki kandungan yang dikenal dapat melembapkan kulit.

Kamu hanya perlu mengoleskannya pada tubuh atau wajah. Kemudian, setelah didiamkan selama 15-20 menit, kamu bisa membasuhnya dengan air.

5. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi ini memiliki makna pengelupasan sel kulit mati. Melakukan hal ini dapat menghindarimu dari kekeringan. Kamu harus memilih yang memiliki tekstur atau butiran kasar.

Beberapa diantaranya adalah lulur, teh, kopi, atau oatmeal. Caranya adalah dengan menggosokkannya secara perlahan ke bagian tubuhmu. Diamkan sekitar 15-20 menit juga, lalu bilas dengan air hangat.

Itulah tips-tips untuk mengatasi kulit dehidrasi saat puasa. Menurutmu, dari kelimanya, mana nih yang paling ampuh? 

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar