Yamaha

Pembatas Jalur Sepeda Menimbulkan Pro Kontra, Ini Kata Polisi

  Senin, 10 Mei 2021   Fichri Hakiim
Ilustrasi (Pixabay)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Pembatas jalur atau separator planter box yang memisahkan antara jalur regular dengan jalur khusus sepeda, menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Terbuat dari beton, separator atau pembatas tersebut berpotensi membahayakan para pengendara yang melintas. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, mengatakan tingkat resiko akibat menabrak planter box yang terbuat dari beton tersebut cukup tinggi. 

Menurutnya, insiden tabrakan juga bisa dialami pesepeda bukan hanya pengendara bermotor. 

"Jadi, kerusakannya itu crashnya lebih besar dan ini sudah terbukti ada dua kali kecelakaan lalin, begitu menabrak planter box kerusakannya lebih besar. Nah karena bisa jadi pesepeda lagi bersepeda kesenggol jatuh," ujarnya, Senin 10 Mei 2021.

Saat ini, petugas kepolisian tengah mempertimbangkan dampak dari bahaya terjadinya insiden di sekitar lokasi planter box. Polisi juga akan melakukan evaluasi penggunaan planter box.

Fahri menjelaskan, penggantian planter box sangat penting, bahkan lebih penting dari pada pembahasan eksistensi jalur sepeda permanen.

“Bisa juga pengguna jalan lain waktu melintasi di tengah itu ada betonnya tertabrak pasti fatalitasnya tinggi. Ini pertimbangannya," jelasnya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar