Yamaha

Gubernur Anies Imbau Warga Jakarta Salat Idulfitri di Rumah Saja

  Selasa, 11 Mei 2021   Eries Adlin
Gubernur Anies Imbau Warga Jakarta Salat Idulfitri di Rumah Saja

TEBET, AYOJAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengeluarkan sejumlah ketentuan selama perayaan Idulfitri 1442 Hijriah di wilayah Ibu Kota. Salah satunya Anies melarang pelaksanaan shalat Idulfitri di perkantoran.

“Tidak ada kegiatan shalat Ied yang dilakukan di perkantoran,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (10 Mei 2021), seperti dilansir republika.co.id.

Anies pun meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan shalat Ied di rumah masing-masing. Namun, jika hendak mengikuti shalat di luar rumah, maka ia menganjurkan warga untuk mendatangi lokasi-lokasi yang telah ditentukan di tempat tinggal masing-masing.

“Kami menganjurkan jangan mendatangi tempat-tempat jauh hanya untuk shalat Ied. Datanglah di masjid setempat, di lapangan setempat, supaya yang datang dikenal, kalau Anda datang di masjid setempat, ya itu saja yang datang,” tutur dia.

Anies menjelaskan hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan virus Corona lintas wilayah. Sebab, menurut dia, jika terjadi penyebaran Covid-19 usai pelaksanaan shalat Ied, maka upaya pelacakan atau tracing akan lebih mudah dilakukan lantaran jemaah yang hadir di lokasi ibadah adalah warga setempat dan sudah saling mengenal.

“Kalau datang di suatu tempat, ada yang datang dari kecamatan yang jauh, dari berbagai wilayah, nanti bila terjadi sesuatu, tracing-nya akan sulit,” jelas dia.

“Lokasi-lokasi kegiatan shalat Ied adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat. Ini untuk menghindari penularan lintas wilayah dan semua dianjurkan ada di lokasi yang sama (dengan tempat tinggal), baik itu di lapangan atau yang dilakukan di masjid,” tambahnya.

Anies menuturkan para jemaah yang mengikuti shalat Ied di masjid pun jumlahnya dibatasi. Ia menyebut, kapasitas jemaah yang hadir hanya sebesar 50 persen.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar