Yamaha

Hindari Kerumunan, Mulai Besok Hingga 16 Mei TPU di Jakarta Pusat Ditutup

  Selasa, 11 Mei 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi pemakaman / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah Jakarta Pusat seperti, TPU Karet Bivak, Karet Tengsin, dan Kawi-kawi akan ditutup menjelang Hari Raya Idulfitri.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, penutupan sejumlah TPU dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 akibat kerumunan saat warga berziarah ke makam menjelang Hari Raya Idulfitri.

Menurutnya, penutupan ini akan dilakukan mulai dari tanggal 12 sampai 16 Mei 2021 mendatang.

"Ya sesuai kebijakan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, TPU akan ditutup bagi peziarah, kecuali pemakaman karena itu wajib," kata Dhany di Jakarta, Selasa 11 Mei 2021.

Dhany mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat juga akan mendirikan posko pengawasan guna melakukan pengamanan dan pengawasan untuk mengantisipasi warga yang tetap berziarah ke makam.

Selain itu, lanjutnya, pedagang musiman yang berjualan di kawasan TPU juga akan ditertibkan.

"Petugas gabungan akan berkeliling mengimbau warga dan pedagang di areal TPU. Petugas P3S Sudin Sosial juga akan dikerahkan," ujar dia. 

Sementara Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Budi Hidayat menjelaskan, keputusan penutupan TPU menjelang hari raya Idulfitri merupakan hasil evaluasi dari situasi membludaknya peziarah menjelang Ramadan.

"Hasil evaluasi ramadan pada tanggal 2 hingga 11 April lalu, jumlah pengujung naik berkali lipat. Karena tahun lalu tidak ada munggahan. Takut membludak sehingga diputuskan ditutup," jelasnya.

Budi menambahkan, penutupan ini pun telah disosialisasikan melalui pemasangan spanduk di sejumlah titik.

"Kami juga berkoordinasi dengan Satpol PP guna mengantisipasi warga yang tetap berziarah menjelang Hari Raya Idulfitri," katanya. 

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar