Yamaha

Lakukan 5 Hal Ini Agar Berat Badan Tak Naik Saat Lebaran

  Kamis, 13 Mei 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Rendangopor ayam, ketupat, hingga kue nastar menjadi hidangan khas untuk menyemarakkan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah yang jatuh hari ini, Kamis 13 Mei 2021.

Bagi Anda yang menjalankan diet selama Ramadhan kemarin, waspada berat badan naik drastis di Hari Lebaran ya!

Menurut dokter Spesialis Gizi RS Eka Hospital BSD Tangerang, dr. Elia Indrianingsih, Sp.GK selama lebaran kita tetap boleh kok mengonsumsi semua hidangan yang tersaji saat hari raya.

Ini karena mengonsumsi makanan tinggi kalori tidak akan langsung menaikkan berat badan. Meski begitu kata Elia tetap harus memperhatikan beberapa hal dan strategi, di antaranya:

Baca Juga:Resep Rendang Lebaran Idulfitri, Coba Yuk!

1. Makan sesuai kebutuhan

Elia mengingatkan untuk mengukur hidangan lebaran sesuai dengan jumlah makan sehari-hari, bisa dilakukan dengan cara misalnya sekali makan biasa mengonsumsi 100 gram nasi, sehingga jika sumber karbohidrat saat lebaran adalah ketupat, maka jumlah ketupat juga harus sama 100 gram sekali makan.

"Maka sebaiknya kita pilih makanan atau sumber karbohidrat yang akan kita asup juga setara," jelas Elia dalam acara diskusi virtual RS Eka Hospital beberapa waktu lalu.

2. Pilih sumber karbohidrat kompleks

Jika biasanya ketupat terbuat dari beras putih dan ketan putih, maka cobalah buat ketupat yang terbuat dari beras merah karena di dalamnya mengandung lebih banyak serat dan rendah gula.

"Kalau ada ketupat dengan nasi merah, perbanyak sayur dan buah, batasin kue, bolu dan minuman manis," terangnya.

3. Minimalkan kuah opor dan rendang

Seperti diketahui kuah opor dan rendang mengandung santan dan garam yang tinggi sehingga bisa memicu kolesterol atau kenaikan badan karena jumlah lemak yang tinggi.

"Meminimalkan kuah opor, gulai, kemudian kuah lain yang berlemak dan tidak mengambil bumbu rendang dalam jumlah yang banyak," papar Elia.

4. Sesuaikan jadwal makan

Jangan mentang-mentang sedang hari raya dan makanan berlimpah Anda jadi makan lebih sering, misalnya makan satu jam sekali sebaiknya tidak dilakukan.

Tetap sesuaikan waktu makan 3 kali sehari dan 2 kali waktu makan camilan.

5. Olahraga lebih sering

Akibat makanan yang dikonsumsi mengandung tinggi kalori, dan makan lebih banyak dari biasanya maka Elia menyarankan perbanyak berolahraga setelah lebaran.

Jika biasanya berolahraga satu kali sehari cukup, maka saat momen lebaran ada baiknya berolahraga dua kali sehari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar