Yamaha

Tak Ada Harapan Tampil di Olimpiade Tokyo, Pebulutangkis Indonesia Pasrah

  Kamis, 13 Mei 2021   Icheiko Ramadhanty
Hafiz/Gloria (PBSI)

TEBET, AYOJAKARTA -- Kabar tak sedap datang dari olahraga bulu tangkis. Rabu 12 Mei 2021, Badminton World Federation (BWF) resmi membatalkan turnamen Singapore Open 2021.

Pembatalan turnamen ini merupakan yang kesekian kalinya setelah penundaan beberapa turnamen penting lainnya seperti India Open 2021 dan Malaysia Open 2021. Ketiga turnamen ini tidak berjalan semestinya akibat melonjaknya kasus Covid-19 di negara penyelenggara. 

Tidak hanya itu, ketiga turnamen tersebut dirasa penting bagi para atlet karena masuk dalam perhitungan poin olimpiade. Salah satu pebulutangkis Indonesia yang terancam gagal tampil di Olimpiade Tokyo, Gloria Emanuelle Widjaja, angkat bicara.

"Jujur saya lebih berserah dengan apa yang terjadi. Karena ini masalahnya pada keadaan yang tidak pasti dan tidak jelas," ucap pebulutangkis spesialis ganda campuran itu, Kamis 13 Mei 2021.

Dia juga memberikan komentarnya terkait sikap Badminton World Federation (BWF) yang dinilai tidak adil terhadap pemain Asia. Sebagai informasi, BWF tetap menyelenggarakan turnamen European Badminton Championship (EBC) pada pekan lalu yang juga menjadi turnamen perhitungan poin olimpiade.

"Tapi kalau dibilang unfair, ya jelas unfair buat saya dan atlet Asia yang lainnya. Sekarang saya menunggu saja bagaimana keputusannya. Tindakan selanjutnya saya serahkan pada PBSI atau BAC," kata Gloria.

Pasangan Hafiz Faizal itu saat ini terancam di tengah diketidakpastian turnamen yang diselenggarakan di Asia. Mereka tersingkir dari ranking 8 besar Race to Tokyo 2020. Hal ini karena pasangan yang berada di bawahnya, Marcus Ellis/Lauren Smith asal Inggris berhasi meraih posisi runner-up di European Badminton Championships 2021.

Poin yang dimiliki oleh Hafiz/Gloria dan Ellis/Smith hanya berbeda tipis. Ini yang mengakibatkan dua pasangan ini harus saling sikut-menyikut.

Sebelum Ellis/Smith berhasil masuk final di European Badminton Championship 2021 yang juga menjadi turnamen perhitungan poin olimpiade, pasangan tersebut mempunyai poin 59.868. Sedangkan poin milik Hafiz/Gloria saat itu yakni 60.851.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar