Yamaha

Wacana Pergantian Nama Kota Tua Jakarta Menyeruak, Begini Kata Anies!

  Selasa, 25 Mei 2021   Icheiko Ramadhanty
foto: Kota Tua / barat.jakarta.go.id

TEBET, AYOJAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengubah nama Kawasan Kota Tua Jakarta Barat. Wacana untuk mengubah nama bangunan bersejarah itu menyeruak dari penjelasan Ketua Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara Glesos Yoga Mandiri pada pencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta pada Senin lalu (24/5).

Glesos mengatakan bahwa dirinya mendapat saran dan koreksi dari para sahabatnya agar istilah penamaan Kota Tua diubah menjadi Kota Lama. Menurutnya secara harfiah, kota berarti kata benda sedangkan tua lebih bersifat makhluk hidup yang bernyawa.

Dia mengusulkan agar kawasan Kota Tua diubah menjadi Kota Lama. Nantinya, kajian perubahan nama wilayah Kota Tua akan melibatkan ahli sejarah serta para ahli lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan merencanakan kajian terlebih dahulu terkait perubahan nama kawasan Kota Tua. Pengkajian diperlukan karena Anies menginginkan keunikan dari perubahan nama kawasan tersebut.

"Kemarin mau bicarakan Batavia. Karena kota lama, kota baru,atau kota tua itu kalau kita searching di Google, banyak sekali. Tapi kalau disebut Batavia, cuma satu. Jadi kalau seluruh dunia mendengar sebutan Batavia, ya di sini tempatnya," tutur Anies, dilansir dari barat.jakarta.go.id, Selasa 24 Mei 2021.

Menurutnya, perubahan nama suatu kawasan itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dia menegaskan, butuh kajian mendalam yang melibatkan para ahli sejarah dan ahli lainnya.

Dia berharap perubahan nama itu nantinya bisa membawa sebuah keunikan. Maksud dari keunikan adalah kawasan tersebut sarat dengan sejarah dan budaya.

"Saya sudah mendengar beberapa respon, umumnya sejalan, malah ada yang berharap nama-nama lama dikembalikan lagi seperti dulu. Sehingga orang tahu nama aslinya. Nanti kita kaji. Sehingga ada branding nama yang unik di seluruh dunia," jelas Anies.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar