Yamaha

Penjelasan Camat Bogor Selatan Soal 32 Santri Harjasari yang Positif Covid-19 Usai Libur Lebaran

  Minggu, 06 Juni 2021   Yogi Faisal
Camat Bogor Selatan Hidayatullah (Yogi Faisal)

BOGOR, AYOJAKARTA - Usai mendapati 32 santri di Kelurahan Harjasari terkonfirmasi positif covid-19, Satgas Covid-19 Kota Bogor bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bogor Selatan langsung memberlakukan karantina wilayah.

Camat Bogor Selatan Hidayatullah mengatakan, selain melakukan karantina wilayah dan pembatasan akses keluar masuk di lingkungan pondok pesantren, pihaknya juga melakukan swab tes kepada 421 santri yang memiliki riwayat kontak erat.

"Hari ini kami melaksanakan swab tes kepada 421 santri dan staf pondok pesantren, yang memiliki riwayat kontak erat dengan 32 santri yang positif covid-19. Hasilnya baru akan diketahui sekitar tiga hari kedepan," katanya, saat ditemui Ayojakarta di posko Satgas Covid-19, Minggu 6 Juni 2021.

Tak hanya, pihak kecamatan juga mendirikan posko untuk membatasi pergerakan santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren.

"Ini semua kami lakukan agar karantina wilayah secara parsial di sini bisa dilakukan dengan baik," ucapnya.

Dugaan sementara, 32 santri tersebut terpapar covid-19 dari kampung halamannya masing-masing usai libur lebaran. Meski begitu, berdasarkan pengakuan menejemen pesantren, semua santri yang tiba usai libur lebaran, sudah dibekali dengan surat bebas covid-19 berdasarkan hasil antigen.

"Pengakuan menejemen pesantren, semua santri saat tiba di pesantren harus membawa surat sehat bebas covid-19 dari daerahnya masing-masing. Tapi kami bingung kok mereka positif covid-19. Apakah mereka terpapar saat di perjalanan, di rest area, atau di mana, ini yang masih kami telusuri," ujarnya.

Saat ini, 32 santri yang terkonfirmasi positif covid-19 itu, 24 diantaranya tengah menjalani perawatan di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ciawi. Sementara 8 lainnya menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing.

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar