Yamaha

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

  Rabu, 09 Juni 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Banyak orang merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan. Banyak dari mereka harus disiplin mengatur pola makan, berolahraga, hingga hanya mengonsumsi makanan tertentu.

Tapi tahukah, bahwa juga bisa menurunkan berat badan dengan menerapkan kebiasaan baik sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti 5 kegiatan sebagai berikut mengutip Insider, Sabtu (6/2/2021).

1. Cukup minum air putih

Bila tidak cukup mengonsumsi air putih, Anda tidak akan bisa membedakan lapar dan haus, dan minum air bisa menunda lapar dan mengurangi nafsu makan.

Jadi, biasakanlah untuk membawa botol air sendiri sebagai pengingat untuk minum.

"Banyak minum air bisa berdampak besar mengurangi seberapa banyak Anda makan siang," ujar Pendiri Kelompok Gizi New York, Lisa Moskovitz, RD.

2. Banyak tidur

Kurang istirahat atau kurang tidur bisa meningkatkan stres, dan menyebabkan kenaikan berat badan. Ini karena semakin lama Anda terjaga di malam hari, semakin punya banyak waktu untuk makan.

Jadi pastikan Anda tidur minimal 7 jam setiap malam, ya!

3. Bertemu teman atau berkencan tidak di restoran

Memang paling asik berbincang seraya ditemani cemilan dan minuman manis, tapi coba deh ubah kebiasaan ini. Seperti misalnya berjalan-jalan ke museum, kebun binatang, akuarium atau mana hiburan yang bisa membuat Anda tetap bergerak.

Bisa juga bertemu sambil berolahraga, naik sepeda, berlari di sekitar taman lokal, dengan begitu Anda bisa lebih banyak membakar kalori.

4. Gunakan lebih sedikit minyak

Banyak sumber minyak yang lebih sehat seperti dari alpukat atau minyak biji bunga matahari, dengan begitu Anda memperoleh lemak sehat.

"Menambahkan setengah buah alpukat untuk makan tidak hanya terkandung lemak sehat tapi juga berisi serat, dan berat badan Anda tidak akan bertambah," ujar Direktur Ahli Gizi Professional Integrity, Andy Bellatti, RD.

5. Tidak melakukan kegiatan lain saat makan

Kini kita semakin dimudahkan untuk menonton film dan video di Netflix, Viu, atau bahkan YouTube. Tapi biasakan tidak menontonnya saat Anda makan, karena Anda jadi tidak fokus pada makanan, hasilnya makanan yang dikonsumsi lebih cenderung lebih banyak dari biasanya.

"Termasuk juga jangan makan sambil bekerja, karena ketika orang fokus mengerjakan tugas di laptop terjadilah mindless eating dan fokusnya terbagi," jelas Bellatti.

Disarankan agar Anda bisa menghindari televisi atau komputer untuk bekerja, makanlah di ruangan lain, sehingga yang Anda lakukan hanya fokus makan dan tidak juga memegang gadget. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar