Yamaha

KJP Juni 2021 Mulai Cair, Tinggal Tunggu Kapan BST Juni Mengucur, Cek Penerima di Sini

  Jumat, 11 Juni 2021   Eries Adlin
KJP Juni 2021 Mulai Cair, Tinggal Tunggu Kapan BST Juni Mengucur, Cek Penerima di Sini (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Bagi warga DKI Jakarta, kepastian tentang pengucuran bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus periode Juni 2021 tentu melegakan. Kini, warga Ibu Kota menunggu kepastian apakah bantuan sosial tunai (BST) bulan yang sama akan cair juga.

Kepastian KJP Juni 2021 cair hari ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Waluyo Hadi.

"Pencairan KJP Plus Juni 2021 mulai dilakukan pada hari ini," ujar Waluyo Hadi ketika dihubungi Ayojakarta, Jumat 11 Juni 2021.

Sementara itu, informasi tentang kapan BST periode Juni 2021 belum dirilis oleh pemerintah. Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku sudah mengajukan usulan perpanjangan bantuan sampai dengan bulan tersebut.

Perihal BST periode Juni 2021 akan dikucurkan pemerintah juga sempat diungkapkan oleh petinggi di Kementerian Keuangan. Awalnya, program bantuan sosial tunai senilai Rp300 ribu dirancang hanya sampai April 2021.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Fahrudin mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan BST Rp300 ribu untuk periode Juni cair. "Jujur, kami belum mendapatkan informasi kapan BST Rp300 ribu ini bakal cair," kata Fahrudin kepada Ayobogor, Selasa 8 Juni 2021.

"Kami di dinas hanya bertugas melakukan pendataan kepada masyarakat kurang mampu sebagai calon penerima. Kalau soal pencairannya itu wewenang kementrian. Kami juga belum dapat bocoran kapan BST Rp300 ribu untuk Juni ini bakal cair," akunya.

Secara umum, mekanisme pencairan BST Kemensos Rp300 ribu sama dengan sebelumnya. "Secara umum semuanya sama dengan bulan-bulan kemarin tidak ada yang berbeda. Adapun penerima bantuan dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id," ujarnya.

Pencairan KJP

Bantuan KJP Plus awalnya hanya dapat dicairkan per 6 bulan untuk dibelanjakan keperluan sekolah. KJP Plus digunakan secara non-tunai dengan mesin gesek EDC Bank DKI atau Jaringan Prima.

Namun pandemi Covir-19 membuat pemerintah memutuskan untuk mencairkan KJP Plus per bulan. Jumlah nominal yang akan cair per bulan sebesar:

  • Jenjang SD/SDLB/MI - Rp250.000;
  • Jenjang SMP/SMPLB/MTs - Rp300.000 ;
  • Jenjang SMA/SMALB/MA - Rp420.000;
  • Jenjang SMK - Rp450.000;
  • PKBM - Rp300.000;
  • Mahasiswa - Rp9.000.000 per semester.

Pada pencairan Mei lalu, terdapat tambahan SPP SD/SDLB, Mi Swastas untuk 5 bulan sebesar Rp130.000 per bulan. Tambahan SPP SMP/SMPLB/MTs Swastas untuk 5 bulan sebesar Rp170.000 per bulan.

Selanjutnya ada juga tambahan SPP SMA/SMALB/MA Swasta untuk 5 bulan sebesar Rp290.000 per bulan. Sedangkan tambahan SPP SMK Swasta untuk 5 bulan sebesar Rp240.000 per bulan.

KJP Plus merupakan program untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Untuk mengetahui status KJP Plus, kamu bisa mengakses website KJP Jakarta dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Website kjp.jakarta.go.id;

2. Masukkan NIK;

3. Masukkan Tahun;

4. Pilih Tahap;

5. Klik Cek.

Cek Penerima BST

Para calon penerima BST Rp300 ribu dapat mengecek namanya melalui laman yang sudah ditentukan, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lengkapi data yang dibutuhkan yang terdiri dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  2. Mengisi nama lengkap sesuai KTP
  3. Masukkan 4 kode berupa huruf dan angka sesuai kotak kode yang tertera
  4. Apabila huruf kode kurang jelas, kamu dapat klik kotak kode tersebut untuk memperoleh kode baru, lalu klik "Cari"
  5. Nanti muncul hasil pencarian data, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima
  6. Apabila telah menerima bansos, pada kolom keterangan akan muncul status "Sudah Salur" sesuai jenis program bansosnya. Sistem tersebut akan mencocokkan nama KPM dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama database Kemensos

Dalam proses penyaluran BST Rp300 ribu ini, Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Untuk itu, apabila kamu dinyatakan sebagai penerima, maka dapat melakukan pencairan BST Rp300 ribu melalui kantor Pos terdekat.

Penerima BST Rp300 ribu dapat mendatangi PT Pos Indonesia dengan membawa surat undangan dan KTP, atau KK. Selanjutnya, petugas akan melakukan scan code QR yang tercantum di surat undangan untuk mencairkan BST Rp300 ribu tersebut.

Selain yang disalurkan melalui Kemensos, BST untuk warga DKI Jakarta ada juga yang disalurkan melalui Bank DKI.

Jadi, ditunggu saja ya keterangan resmi apakah BST periode Juni 2021 akan disalurkan dan kapan waktu pencairannya. (Aini Tartinia)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar