Yamaha

HASIL INGGRIS VS KROASIA: Skor 1-0 Gol Raheem Sterling (Piala Eropa 2020)

  Minggu, 13 Juni 2021   Eries Adlin
HASIL INGGRIS VS KROASIA: Skor 1-0 Gol Raheem Sterling (Piala Eropa 2020)

TEBET, AYOJAKARTA – Hasil Inggris vs Kroasia di ajang Piala Eropa 2020 berakhir dengan skor 1-0 untuk Three Lions. Satu-satunya gol pada laga pembuka Grup diciptakan oleh Raheem Sterling pada menit 57.

Hasil Inggris vs Kroasia dengan skor 1-0 tersebut sudah menjadikan pasukan Three Lions berpeluang besar lolos mewakili Grup D Piala Eropa 2020. Pasalnya, boleh dibilang Kroasia adalah lawan terberat mereka. Dua timnas lagi yang menghuni grup tersebut adalah Skotlandia dan Republik Ceko.

Gol semata wayang dari Raheem Sterling tersebut berawal dari umpan Kavin Phillips yang bergerak dari kiri pertahanan Kroasia. Dengan menusuk ke dalam, Phillips memberikan umpan terobosan terukur yang dimaksimalkan oleh Sterling. Skor Inggris vs Kroasia 1-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

JALANNYA PERTANDINGAN (suara.com)

Big match tersaji di matchday 1 Grup D Euro 2020, sebagaimana Timnas Inggris menjajal kekuatan Timnas Kroasia di Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Setelah tertahan di babak pertama meski menguasai pertandingan dan juga lebih banyak melancarkan serangan-serangan, Inggris akhirnya mencetak gol di babak kedua lewat Raheem Sterling pada menit ke-57.

Gol Sterling tersebut menjadi gol tunggal di partai ini, yang menyegel raihan tiga poin bagi Inggris pada laga perdana mereka di Euro 2020.

Dengan kemenangan tipis ini, Inggris memuncaki klasemen sementara Grup D yang juga dihuni Skotlandia dan Republik Ceko. Skotlandia dan Ceko akan bertanding pada Senin (14/6/2021) malam WIB.

Baca Juga:Euro 2020: Inggris Gagal Bongkar Pertahanan Gerendel Kroasia di Babak Pertama

Inggris ada di puncak dengan poin tiga dan selisih gol +1, sementara Kroasia ada di dasar klasemen dengan nirpoin dan selislih gol -1.  

Jalannya Pertandingan

Timnas Inggris langsung tancap gas di awal-awal laga. Ancaman pertama datang dari gelandang serang Phil Foden di menit keenam.

Memanfaatkan umpan dari rekan setimnya di Manchester City, Raheem Sterling, Foden melanjutkannya dengan tendangan keras ke gawang Kroasia.

Sayang, sepakannya itu hanya membentur tiang!

Baca Juga:Komentari Insiden Christian Eriksen, Kardiolog: Dia Tidak Punya Riwayat Jantung

Kroasia sendiri gantian mengancam semenit berselang. Namun, tembakan jarak jauh yang dilepaskan Ante Rebic masih bisa diantisipasi Jordan Pickford.

Menit ke-26, Inggris kembali mendapat peluang bagus. Kali ini Sterling melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, tendangannya masih melebar dari gawang.

Menit ke-42, wasit memberi Caleta-Car kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukannya. Pelanggaran di tepi kotak penalti ini membuahkan tendangan bebas untuk Inggris.

Kieran Trippier pun maju sebagai eksekutor tendangan bebas. Sayang, sepakannya membentur pagar hidup, dan skor 0-0 pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Inggris masih mengambil inisiatif serangan. Dengan Mason Mount, Foden dan Sterling menyokong Harry Kane sebagai penyerang tengah.

Menit 57, Inggris akhirnya memecah kebuntuan. Sterling membuka skor untuk Three Lions usai memanfaatkan umpan manis gelandang sentral Kalvin Phillips.

Kiper Dominik Livakovic sejatinya sempat menyentuh bola, namun kerasnya sepakan Sterling dari dalam kotak 16 tetap membuat bola bersarang ke gawang Kroasia.

Ini merupakan gol perdana Sterling di turnamen besar bagi Inggris.

Setelah itu hingga menit ke-80, Kroasia mulai lebih berani keluar menyerang untuk mencari gol penyeimbang.

Namun hingga laga rampung, skor 1-0 untuk kemenangan Inggris tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Inggris XI (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Mings, Trippier; Phillips, Rice; Foden, Mount, Sterling; Kane. 

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Kroasia XI (4-3-3): Livakovic; Vrsaljko, Vida, Caleta-Car, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Perisic, Rebic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Head-to-head (sebelum pertandingan)

Pertandingan Inggris dan Kroasia di Piala Eropa 2020 adalah kali ketiga di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). The Three Lions mengalahkan Kroasia 4-2 di babak penyisihan grup di Euro 2004, sementara Kroasia menang 2-1 setelah perpanjangan waktu di semifinal Piala Dunia 2018.

Inggris

Inggris sudah ikut dalam 10 kali perhelatan Piala Eropa dengan melakoni 21 pertandingan tanpa pernah masuk final.

Meski begitu, The Three Lions tidak pernah kalah di Wembley dalam turnamen besar (Piala Dunia 1966 dan Euro 1996), menang tujuh kali, dan seri empat kali dari 11 pertandingan sebelumnya (tidak termasuk adu penalti).

Inggris belum pernah memenangkan pertandingan pembukaan mereka di Piala Eropa. Mereka 5 kali main seri dan 4 kali kalah.

Pelatih Gareth Southgate akan memimpin Inggris untuk turnamen besar kedua (tidak termasuk Nations League) setelah Piala Dunia 2018 (tempat ke-4). Pada Euro 1996, dia adalah satu dari hanya tiga pemain Inggris yang bermain sepanjang 510 menit, bersama David Seaman dan Tony Adams. Dia gagal mengeksekusi penalti dalam adu penalti semifinal melawan Jerman.

Kroasia

Kroasia sudah 6 kali ambil bagian di kompetisi Benua Biru dan Piala Eropa 2020 ini yang kelima kali berturut-turut.

Dengan tidak memasukkan adu penalti, Kroasia hanya kalah dua kali dari 11 pertandingan Piala Eropa terakhir, keduanya kalah 1-0 yakni melawan Spanyol pada 2012 dan Portugal pada 2016.

Ivan Perisic telah terlibat langsung dalam lebih banyak gol dibandingkan pemain lain buat Kroasia dalam sejarah turnamen besar (7 gol dan 4 assist di Piala Dunia/Euro - tidak termasuk liga nasional).

Bos Zlatko Dalic, melatih sejak Oktober 2017, merupakan manajer kedua yang memimpin Kroasia di dua turnamen besar berturut-turut (Piala Dunia & Euro) setelah Miroslav Blazevic (Euro 1996, Piala Dunia 1998).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar