Yamaha

Anies Perintahkan Penanganan Covid-19 Tingkat Kelurahan DKI Dioptimalkan

  Kamis, 17 Juni 2021   Aini Tartinia
Anies Perintahkan Penanganan Covid-19 Tingkat Kelurahan DKI Dioptimalkan (Ilustrasi)

GAMBIR, AYOJAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta jajarannya untuk mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan di Jakarta.

Hal itu berdasarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 39 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis (PPKM) Mikro Tingkat RT. Adapun, perpanjangan PPKM mikro ini diperpanjang mulai 15 sampai dengan 28 Juni 2021.

"Untuk para camat menetapkan pembentukan posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan," tulis Anies dalam Instruksi Gubernur Nomor 39 Tahun 2021 tersebut.

Adapun untuk wilayah zona merah dengan kriteria ada lebih dari 5 rumah dengan konfirmasi positif Covid-19 dalam 1 RT selama 7 hari terakhir. Perlu dilakukan beberapa skenario pengendalian Covid-19 di antaranya, menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat. Kemudian, melakukan isolasi mandiri atau terpusat dengan pengawasan ketat.

Selanjutnya, membatasi kegiatan di rumah ibadah dengan protokol kesehatan ketat. Lalu, menutup tempat bermain anak dan tempat umum kecuali sektor esensial.

Pemprov DKI juga melarang kerumunan lebih dari 3 orang, termasuk membatasi keluar masuk wilayah Rukun Tetangga maksimal hingga pukul 20.00 WIB. "Meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan," lanjut Anies.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar