Yamaha

Satgas Covid-19 : Apapun Varian Virusnya, Protokol Kesehatan Nomor Satu!

  Sabtu, 19 Juni 2021   Firda Puri Agustine
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito / dok. Rusman-Biro Pers Sekretariat Presidenru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito / dok. Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 tak bosan mengingatkan masyarakat untuk mematuhi, bahkan memperketat protokol kesehatan (prokes) di tengah munculnya berbagai varian baru virus corona di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa hal itu dapat memutus rantai penularan secara efektif dan efisien. 

"Apapun jenis varian yang ada di tengah-tengah masyarakat,  yang perlu dilakukan ialah memperketat protokol kesehatan. Tidak ada ada jalan lain sebaik disiplin protokol kesehatan," kata Wiku dalam keterangannya, Sabtu 19 Juni 2021. 

Saat ini, Whole Genom Sequencing (WGS) terus dilakukan karena dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan kesehatan yang tepat. Adapun hasil WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi varian Covid-19 yang menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

"Pemerintah juga berkomitmen mempercepat proses WGS di laboratorium dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 2 minggu, menjadi 1 minggu.Semakin cepat rentang waktu pemeriksaan ini, diharapkan data yang didapat semakin aktual dan dapat dilakukan penanganan yang cepat," ujarnya. 

Meski demikian, pemeriksaan strain virus bukanlah kewajiban mutlak pada setiap kasus positif. Hal itu lantaran WGS memiliki metode khusus.

"Dan tidak semua kasus positif layak dilacak genomiknya. Misalnya kasus dengan gejala tidak biasanya maupun kasus pada pelaku perjalanan luar negeri dan lain-lain," kata Wiku. 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar