Yamaha

Shopee Akan Blokir Toko Penjual Vitamin dan Obat Palsu

  Sabtu, 17 Juli 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Shopee Indonesia mengambil langkah tegas dengan menutup toko yang terindikasi kuat menjual produk kesehatan seperti vitamin dan obat-obatan palsu di aplikasi Shopee. 

Tidak hanya menutup toko, Shopee juga akan bekerjasama dengan aparat kepolisian dan instansi yang berwenang, untuk melakukan investigasi lebih lanjut jika terdapat indikasi pemalsuan atas produk kesehatan karena membahayakan publik.

“Kami menerima laporan melalui media sosial mengenai toko yang terindikasi mencetak label kemasan obat sendiri, kami langsung menurunkan produk tersebut dan secara paralel menginvestigasi bukti keaslian dari pembeli," jelas Radynal Nataprawira, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima Ayojakarta, Sabtu 17 Juli 2021. 

Jika terindikasi kuat melakukan pemalsuan, kata Radynal, pihaknya akan melakukan pemblokiran toko. Dia menegaskan, Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan belanja yang aman dan nyaman bagi penggunanya.

Dia menjelaskan, Shopee memiliki tim internal yang didedikasikan untuk memantau dan melakukan moderasi terhadap produk yang dijual dalam aplikasi, agar sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Radynal menambahkan, tim internal Shopee memantau dan mengawasi produk-produk kesehatan di platform, termasuk yang terindikasi menjual produk palsu.

"Masyarakat dihimbau untuk memperhatikan kemasan obat-obatan dan membaca ulasan produk-produk yang dibeli di aplikasi Shopee," imbaunya.

Jika merasa ada kecurigaan bahwa produk yang dijual merupakan produk palsu, masyarakat diharapkan jangan menyelesaikan terlebih dahulu pesanan yang dibeli. Produk-produk tersebut dapat dilaporkan melalui tombol 'Laporkan produk ini' di sisi kanan atas laman produk, dan/atau melaporkan penjualnya melalui tombol 'Laporkan Pengguna' di sisi kanan atas laman toko.

“Kami berharap para penjual produk kesehatan ikut mengambil bagian dalam percepatan pemulihan kesehatan masyarakat dengan memperhatikan regulasi yang berlaku,” pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar