Dudukan Toilet Benarkah Sebabkan IMS? Ini Penjelasannya

- Selasa, 12 April 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi toilet. (Pixabay)
Ilustrasi toilet. (Pixabay)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM-- Menempelkan tubuh ke dudukan toilet yang kurang higenis mungkin bisa menularkan masalah kesehatan. Namun dapatkah berisiko sebabkan infeksi menular seksual (IMS)?

Melansir dari Healthsots melalui @himedikdotcom, Selasa (12/4/2022), Dokter Tanaya Narendra dalam Instagramnya menyataakan bahwa sederhananya Anda tidak akan tertular IMS dari dudukan toilet. Namun, bukan berarti Anda merasa tidak masalah dengan menggunakan toilet yang kotor dan tidak higienis.

Dalam upaya untuk tidak terkena infeksi, banyak perempuan akhirnya jongkok di toilet duduk, bukannya duduk. Ini mengganggu karena sering kali dudukan toilet terkena percikan air seni.

Dokter Narendra mengklarifikasi bahwa untungnya, Anda tidak bisa terinfeksi IMS dari dudukan toilet.

Baca Juga: Panic Buying Awal Pandemi, 3 Pria Bersenjata Curi Ratusan Tisu Toilet di Hong Kong

Jika pasangan Anda memberi tahu Anda bahwa mereka terkena klamidia dari dudukan toilet, mereka jelas salah informasi atau berbohong.

IMS adalah infeksi yang Anda dapatkan dari kontak seksual, baik melalui cara oral atau sebaliknya. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan bahkan parasit.

Bakteri, virus, dan bahkan parasit ini berkembang biak dan hidup membutuhkan suhu hangat. Artinya, mereka tidak bertahan hidup di luar tubuh manusia, termasuk dudukan toilet.

Baca Juga: Bikin Warga Geram, Wanita Usia 50 Tahun Paksa Pemuda Mesum di Toilet Umum di Stasiun Cilegon

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: akun Instagram @himedikdotcom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X