Petinggi Festival Film Cannes Tolak Digelar Virtual

- Rabu, 8 April 2020 | 09:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

AYOJAKARTA.COM -- ayojakarta.com/tag/Festival">Festival ayojakarta.com/tag/Film">Film Cannes tak akan digelar virtual meski jika perhelatan itu tak bisa dilangsungkan secara fisik.

"Cannes adalah jiwa, sejarah dan efisiensi, itu adalah sebuah model yang tak akan bisa jalan (kalau digelar virtual). Apa-apaan festival digital? Kompetisi digital?" kata Direktur ayojakarta.com/tag/Festival">Festival Thierry Fremaux.

Fremaux lantas melanjutkan dengan pertanyaan pengandaian apakah film-film Wes Anderson atau Paul Verhoeven disaksikan di layar komputer.

"Top Gun 2, Soul-nya Pixar... ayojakarta.com/tag/Film">Film-film ini sudah ditunda jadwal tayangnya, mengapa kita harus memutarnya di perangkat digital lebih dulu?" katanya.

ayojakarta.com/tag/Festival">Festival ayojakarta.com/tag/Film">Film Cannes semula dijadwalkan digelar Maret yang kemudian ditunda Mei dan berubah kembali menjadi akhir Juni atau awal Juli, dengan tanggal belum pasti.

"Para sutradara didorong oleh gagasan untuk menunjukkan film mereka di layar lebar dan membagikannya dengan orang lain di acara-acara seperti festival, bukan karena karya mereka berakhir di iPhone," kata Fremaux.

"Jika semua festival dibatalkan, kita harus memikirkan cara untuk menampilkan film, untuk menghindari pemborosan setahun, tapi saya tidak berpikir alternatif yang genting dan improvisasi dari Cannes atau Venesia - tidak lebih cepat dilakukan daripada dilupakan - akan menjadi solusinya."

Pernyataan Fremaux senada dengan komentar pimpinan ayojakarta.com/tag/Festival">Festival ayojakarta.com/tag/Film">Film Venesia Alberto Barbera yang juga menolak mengadakan festival daring. Hal itu berbeda dengan ayojakarta.com/tag/Festival">Festival ayojakarta.com/tag/Film">Film Internasional Toronto yang lebih cakap digital.

Penolakan Cannes untuk digelar secara digital tidak mengejutkan. Fremaux adalah pecinta berat layar lebar. Ia bahkan menyelenggarakan Lumiere ayojakarta.com/tag/Festival">Festival tahunan Lyon sebagai penghormatan bagi para pelopor bioskop Prancis, Lumiere bersaudara.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Ini Sebab Kenapa Orang Kecanduan Nonton TikTok!

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:18 WIB

Yuk Nonton Madani International Festival Film

Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:59 WIB
X