AS Hentikan Pendanaan WHO, Bill Gates Komentar Ini

- Rabu, 15 April 2020 | 15:51 WIB
Buill Gates. Foto: EPA
Buill Gates. Foto: EPA

AYO BACA : Sehari Hanyut di Kali Sabi, Jasad Remaja Tangerang Ditemukan Tadi Siang

AYO BACA : PSBB Hari Pertama, Banyak Pelanggaran di Tol Bekasi

JENEWA, AYOJAKARTA.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membekukan dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena dianggap gagal menanggulangi wabah corona. Hal itu ternyata menarik perhatian pendiri perusahaan Microsoft, Bill Gates.
 
Menurut Gates, hal itu menjadi langkah yang berbahaya. Pasalnya, jika WHO tidak bisa bekerja optimal, maka tidak ada lagi organisasi lain yang bisa melaksanakan tugasnya.
 
“Menghentikan pendanaan untuk WHO selama krisis kesehatan dunia sama berbahayanya,” kata Gates melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu (15/4/2020). 
 
Menurut dia, pekerjaan WHO telah melaksanakan tugasnya untuk memperlambat penyebaran virus corona baru Covid-19. 
 
“Jika pekerjaan itu dihentikan tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Dunia membutuhkan WHO sekarang,” ujarnya. 
 
Trump telah memutuskan membekukan sementara pendanaan untuk WHO pada Selasa (14/4/2020) waktu setempat. Dia menuding WHO telah salah mengelola dan menutupi krisis Covid-19. 
 
“Dengan pecahnya pandemi Covid-19, kami memiliki keprihatinan mendalam tentang apakah kedermawanan Amerika telah dimanfaatkan sebaik mungkin. Kenyataannya adalah bahwa WHO gagal memperoleh dan berbagi informasi secara tepat waktu serta transparan,” kata Trump. 
 
Dia pun menuding WHO telah mempromosikan disinformasi dari China tentang virus corona baru. Trump turut mengkritik WHO karena menganjurkan tak perlunya penerapan kebijakan larangan bepergian.
 
Sebelumnya, Trump telah menuduh WHO bersikap China-sentris dalam menangani wabah Covid-19. Dia kemudian mengancam akan membekukan pendanaan untuk lembaga kesehatan dunia tersebut. 
 
AS merupakan negara donor terbesar WHO. Pada 2019, Negeri Paman Sam mengalokasikan 400 juta dolar AS atau sekitar 15% anggaran WHO.

AYO BACA : AS Hentikan Dana WHO

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

X