Cegah Covid-19, Pedagang Hewan Kurban di Jakarta Wajib Punya SIKM dan SKKH

- Kamis, 2 Juli 2020 | 20:20 WIB
ilustrasi daging kurban/ dok Kementan
ilustrasi daging kurban/ dok Kementan

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta mengeluarkan aturan terkait hewan kurban untuk Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah. Aturan ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala DKPKP, Darjamuni mengatakan, setiap pedagang hewan kurban yang tidak punya KTP DKI Jakarta wajib memiliki surat izin keluar masuk (SIKM). Aturan ini sesuai Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Bepergian di Provinsi DKI Jakarta.

"Setiap pedagang dan atau pekerja yang berasal dari luar Provinsi DKI Jakarta, kecuali yang memiliki KTP-e Jabodetabek wajib memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM)," kata Darjamuni dalam keterangan tertulis, Kamis (2/7/2020).

AYO BACA : Belum Aman dari Covid-19, Warga Jakarta Diimbau Beli Hewan Kurban Secara Online

Aturan berikutnya adalah terkait perizinan jual-beli ternak. Setiap pedagang hewan kurban harus mengajukan izin pemasukan ternak melalui DPMPTSP tingkat Kota. Selain itu, setiap ternak juga wajib memiliki surat keterangan sehat.

"Pedagang Hewan kurban harus mengajukan perizinan pemasukan ternak melalui DPMPTSP tingkat Kota dengan melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal dan hasil uji laboratorium negatif anthraks," jelasnya.

DKPKP juga akan memeriksa setiap tempat penjualan hewan yang ada di Jakarta. Hal ini untuk memastikan hewan kurban yang akan disalurkan kepada masyarakat benar-benar bebas dari penyakit.

"Kami akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penjualan dan penampungan hewan kurban. Hewan yang telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat akan diberikan SKKH," ujarnya.

AYO BACA : Jangan Khawatir, Baznas Depok Jamin Pelaksanaan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

8 Rekomendasi Apartemen Murah di Jakarta Pusat

Senin, 19 September 2022 | 12:39 WIB

Penumpang KRL Turun 1 Persen Dibanding Pekan Lalu

Senin, 15 November 2021 | 18:13 WIB
X