Hujan Ekstrem Mulai Desember, Anies Targetkan Banjir Surut 6 Jam

- Senin, 15 November 2021 | 17:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin apel kesiapsiagaan relawan PMI berkolaborasi dengan penggiat kebencanaan DKI Jakarta terhadap dampak La Nina/dok: Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin apel kesiapsiagaan relawan PMI berkolaborasi dengan penggiat kebencanaan DKI Jakarta terhadap dampak La Nina/dok: Instagram @aniesbaswedan

GAMBIR, AYOJAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi peningkatan curah hujan karena dampak La Nina terjadi mulai bulan depan.

Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daerah di Pulau Jawa yang juga diprediksi akan terkena dampak La Nina berupa peningkatan curah hujan mencapai 100%.

"BMKG memprediksi peningkatan curah hujan 70 hingga 100 persen terjadi mulai Desember," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Senin (15/11).

Menyikapi hal ini, Anies menjelaskan, di ibu kota terdapat tiga sumber penyebab terjadinya banjir. Pertama, dari kawasan pesisir atau rob. Kedua, dari kawasan selatan pegunungan, yaitu air hujan yang mengalir di 13 sungai yang melalui Jakarta. Ketiga, dari hujan lokal yang terjadi di ibu kota.

Ketiga masalah itu, kata Anies, akan dihadapi dengan 3 prinsip, yaitu Siaga, Tanggap, dan Galang. "Kami sangat berterima kasih atas ikut sertanya, bersinerginya segenap elemen masyarakat, Relawan Kebencanaan di DKI Jakarta," katanya.

Anies menargetkan, bila terjadi hujan intensitas tinggi, Pemprov DKI akan memastikan daerah-daerah yang biasanya banjir tergenang 3 sampai 4 hari, sekarang kurang dari sehari sudah kering.

"Para petugas seperti lurah, camat, BPBD, serta OPD terkait lainnya, semua punya target 6 jam surut," ucapnya.

La Nina sendiri merupakan fenomena yang terjadi akibat interaksi antara permukaan laut yang lebih dingin dibandingkan suhu normalnya di samudera pasifik tropis. 

Fenomena ini berdampak terhadap pola iklim global, termasuk Indonesia, yang menyebabkan peningkatan curah hujan di hampir sebagian besar wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

8 Rekomendasi Apartemen Murah di Jakarta Pusat

Senin, 19 September 2022 | 12:39 WIB

Penumpang KRL Turun 1 Persen Dibanding Pekan Lalu

Senin, 15 November 2021 | 18:13 WIB
X