Kali Induk, Dianggap Biang Kerok Banjir di Kramat Jati, Bakal Segera Dinormalisasi

- Selasa, 17 Mei 2022 | 08:30 WIB
Banjir merendam permukiman warga RT 03 dan RT 04 RW 02 Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Minggu (15/5/2022), akibat luapan air dari Kali Induk.  (Dok. Istimewa via SuaraJakarta)
Banjir merendam permukiman warga RT 03 dan RT 04 RW 02 Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Minggu (15/5/2022), akibat luapan air dari Kali Induk. (Dok. Istimewa via SuaraJakarta)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM- Dianggap menjadi biang kerok terjadinya banjir terutama di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Pihak Kecamatan Kramat Jati bakal menormalisasi Kali Induk secara keseluruhan.

Camat Kramat Jati Rudy Syahrul mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat ke Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur untuk mengeruk dan membuat sodetan jalur aliran Kali Induk.

"Terkait hal tersebut memang harus ada normalisasi secara keseluruhan di Kali Induk," kata Rudy, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Momen Krisjiana Suami Siti Badriyah  Siaga Urus Bayi Banjir Komentar Positif

Melansir SuaraJakarta.id-jaringan Ayojakarta.com, Selasa (17/5), menurut Rudy, proses normalisasi Kali Induk secara keseluruhan harus dilakukan oleh Dinas SDA DKI Jakarta. Sehingga pelaksanaannya menunggu keputusan di tingkat provinsi.

"Kalau normalisasi kewenangan dari Dinas SDA. Belum dapat info (pelaksanaan normalisasi), terkait dengan hal tersebut agar berkoordinasi dengan pihak Sudin dan Dinas SDA," ujar Rudy.

Sebelumnya permukiman warga di RT 03 dan RT 04/RW 02 Kelurahan Tengah, Kramat Jati, terendam banjir dengan ketinggian berkisar 40 centimeter hingga satu meter pada Minggu (15/5).

Baca Juga: Banjir Kritik ke JPO Phinisi karena Dianggap Tidak Ramah Pejalan kaki, Wagub DKI Langsung Beri Klarifikasi

Ketua RT 04/RW 02 Kelurahan Tengah Faizatul Islamiyah mengatakan banjir tersebut akibat Kali Induk tidak mampu menampung debit air saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X