Rekomendasi IDAI soal PTM Digelar saat Varian Omicron Meningkat

- Senin, 3 Januari 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi. Proses penerapan protokol kesehatan di masa PTM terbatas di sejumlah sekolah. (Dok. Pemkot Bogor)
Ilustrasi. Proses penerapan protokol kesehatan di masa PTM terbatas di sejumlah sekolah. (Dok. Pemkot Bogor)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM- Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dilakukan hari ini, Senin 3 Januari 2022 di sejumlah kota di Indonesia dengan kapasitas 100 persen, bahkan di DKI Jakarta digelar setiap hari.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis rekomendasi terbaru terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk anak sekolah.

Dalam pertimbangannya, IDAI meminta pemerintah melihat lagi hadirnya Omicron dalam menggelar PTM.

Sekjen IDAI, dr. Hikari Ambara Sjakti, SpA(K) mengatakan, rekomendasi baru terkait PTM juga mempertimbangkan pentingnya proses pendidikan anak usia sekolah dan juga sudah diaplikasikannya beberapa inovasi metode pembelajaran oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"IDAI mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka tapi di waktu dan tempat yang tepat, karena keselamatan dan kesehatan anak adalah yang utama,” kata Hikari dikutip dari SuaraLampung.id-jaringan Ayojakarta.com, Senin (3/2).

Baca Juga: Dukung PTM, Ini Rute dan Zonasi 171 Bus Sekolah Jakarta

Berikut rekomendasi IDAI terkait PTM:
Pertama untuk membuka pembelajaran tatap muka, 100 persen guru dan petugas sekolah harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kedua, anak yang dapat masuk sekolah adalah anak yang sudah diimunisasi Covid-19 lengkap dua kali dan tanpa komorbid.

Pihak sekolah tetap harus patuh pada protokol kesehatan terutama fokus pada penggunaan masker wajib untuk semua orang yang ada di lingkungan sekolah, ketersediaan fasilitas cuci tangan, menjaga jarak, tidak makan bersamaan, memastikan sirkulasi udara terjaga, mengaktifkan sistem penapisan aktif per harinya untuk anak, guru, petugas sekolah dan keluarganya yang memiliki gejala suspek Covid-19.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X