4 Kepala Daerah Ini Berpeluang Kantongi Tiket Pilpres 2024 Karena Corona

- Senin, 15 Juni 2020 | 13:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pagebluk COVID-19 membawa dampak pada elektabilitas tokoh-tokoh, terutama kepala daerah yang masa jabatannya habis pada 2022 atau 2023. Jika mereka menangani pandemi virus corona dengan baik maka berpeluang mendapatkan tiket maju di Pilpres 2024. 

"COVID-19 adalah representasi capres. Alasan mendasar kecepatan, kesiagaan sampai ketepatan mengambil policy and decision (kebijakan dan keputusan) menjadi kartu AS," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, Senin (15/6/2020).

Ia melihat setidaknya ada tiga gubernur di luar Ibu kota Jakarta yang berkibar. "Ada Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) maupun Gubernur (Jawa Timur) Khofifah Indar Parawangsa. Anies Baswedan juga berpeluang besar," kata Jerry. 

Jerry mengatakan, peluang kepala daerah cukup besar lantaran kerap muncul di media. Beberapa sosok tersebut tengah beradu strategi menekan penyebaran virus corona. 

""Peran media sangat besar mendongkrak popularitas dan elaktabilitas. Ini menjadi magnet politik dan ada daya magis politik," ujarnya. 

Menurut Jerry, bursa capres 2024 juga terbuka lebar bagi tokoh nasional. Dia menyebut Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno yang sempat menjajal 'pedas'nya kompetisi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Mantan bos klub raksasa Italia "Nerazurri" Inter Milan ini dinilainya punya kemampuan memimpin yang apik. 

"Lihat saja, bagaimana dia membersihkan  BUMN, bahkan merekstrurisasi perusahaan plat merah ini dari 142 menjadi 107 perusahaan," katanya. 

Jerry menambahkan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga berpotensi meramaikan bursa Pilpres 2024. Tokoh konservatif lainnya, menurut dia adalah Rizal Ramli. Manta Menko Ekuin di era mendiang Presiden Gus Dur ini berpeluang lantaran selain dekat dengan rakyat kecil serta suka membantu kaum marjinal.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

X