Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah

- Senin, 20 Juli 2020 | 15:35 WIB
ilustrasi berdoa/ shutterstock
ilustrasi berdoa/ shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Melansir dari laman NU Online, yang ditulis oleh Hengky Ferdiansyah, menjelang Iduladha, terdapat sunnah berpuasa yang memiliki manfaat besar bagi umat muslim. Puasa sunnah tersebut yakni puasa Arafah, Tarwiyah, dan Dzulhijjah. Jika menjalankan sunnah tersebut, masing-masing ada maknanya dan dilakukan pada bulan yang sama yakni Dzulhijjah. 

Kesempatan beribadah tidak hanya diberikan kepada jamaah haji saja, siapapun dapat memiliki kesempatan untuk beramal meskipun dalam bentuk yang berbeda-beda. Hal ini seperti anjuran dalam hadits riwayat Ibnu Abbas yang ada di dalam Sunan At-Tarmidzi yang memiliki arti:

"Rasullullah SAW berkata: Tiada hari yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini" (HR At-Tirmidzi)

Para ulama menganjurkan untuk melakukan puasa 9 hari mengacu pada hadits tersebut, yang dimulai saat awal memasuki bulan Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah karena disaat 10 Dzulhijjah kita dilarang untuk berpuasa karena bertepatan dengan hari raya Iduladha.

AYO BACA : Manfaat Berpuasa 6 Hari Syawal dari Sudut Pandang Medis

Sedangkan puasa Arafah berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Qatdah rahimatullah, Rasullullah bersabda yang berarti:

"Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR Muslim)

Sementara puasa Tarwiyah memiliki keutamaan yaitu menghapuskan (dosa) dua tahun, sedangkan menurut para ulama hadits ini dikatakan dhaif (kurang kuar riwayatnya) namun ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhaif dalam kerangka fadla'ilul a'mal (untuk memperoleh keutaman) dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Jadwal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

X