Kenali Bipolar, Rasa Kehilangan Signifikan Salah Satunya

- Rabu, 8 April 2020 | 11:43 WIB
Selena Gomez. Instagram: @selenagomez
Selena Gomez. Instagram: @selenagomez

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Banyak figur di kalangan selebriti termasuk selebriti dunia yang mulai terbuka mengakui dirinya mengidap gangguan bipolar. Salah satunya adalah penyanyi Selena Gomez yang belum lama ini mengatakan didiagnosis mengidap gangguan mental bipolar setelah berdiskusi dengan dokter di Rumah Sakit McLean, Amerika Serikat.

Rasa kehilangan yang signifikan menjadi salah satu sifat biologis yang terjadi pada pengidapnya, dengan masuk kategori faktor lingkungan.

"Aku membahas berbagai hal yang aku lalui selama beberapa tahun, aku menyadari bahwa aku bipolar," tuturnya dalam siaran Instagram bersama Miley Cyrus pada Jumat (3/4/2020).

Menurut National Institute of Mental Health, bipolar ditandai dengan perubahan suasana hati ekstrem. Gangguan mental ini menyebabkan perubahan suasana hati, energi, tingkat aktivitas, konsentrasi, dan kemampuan yang tidak biasa untuk melakukan tugas sehari-hari.

AYO BACA : Petinggi Festival Film Cannes Tolak Digelar Virtual

Sebelumnya gangguan bipolar ini dikenal sebagai depresi manik. Kondisi ini sangat serius, yang jika tidak diobati dapat menghancurkan hubungan, karir, dan memengaruhi kinerja akademik. Dalam beberapa kasus dapat menyebabkan bunuh diri.

Diagnosis paling umum terjadi antara usia 15 hingga 25 tahun, tetapi juga bisa terjadi pada usia berapa saja.

Dilansir dari Medical News Today, gangguan bipolar tampaknya tidak memiliki penyebab tunggal, artinya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain:

1. Faktor genetik

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

X