Ebselen, Obat Bipolar yang Berpotensi Menjadi Vaksin Corona

- Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:29 WIB
[Ilustrasi] Penelitian terbaru untuk menemukan vaksin Covid-19 menunjukkan prospek yang dibawa Ebselen, obat bipolar. (Pixabay/_freakwave_)
[Ilustrasi] Penelitian terbaru untuk menemukan vaksin Covid-19 menunjukkan prospek yang dibawa Ebselen, obat bipolar. (Pixabay/_freakwave_)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM – Berbagai peneliti di dunia kini menyibukkan diri dengan eksperimen ribuan obat yang sudah diciptakan manusia sebelumnya. Salah satu obat yang diuji baru-baru ini adalah Ebselen.

Tujuan dari penelitian yang dilakukan seluruh dunia ini adalah untuk menemukan komposisi tepat sehingga vaksin Covid-19 bisa dibuat. Ebselen, obat yang sudah digunakan, menunjukkan hasil menjanjikan.

Sebelum dijadikan salah satu obat yang diuji untuk melawan Covid-19, Ebselen umum digunakan sebagai obat penyakit bipolar dan hilangnya pendengaran.

AYO BACA : Hingga 2021, Indonesia Bakal Punya Ratusan Juta Vaksin Covid-19

Bukan hanya berfungsi mengobati, Ebselen rupanya memiliki kekuatan anti bakteri, virus, oksidasi, dan peradangan.

Kekuatan-kekuatan ini merupakan beberapa karakteristik ideal untuk meracik vaksin Covid-19.

Menurut penelitian, Ebselen mampu menghentikan enzim Mpro. Enzim ini diperlukan SARS-CoV-2 untuk mereplikasi diri di dalam sel-sel tubuh inang yang sehat.

AYO BACA : Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Efektif dan Aman untuk Masyarakat

Dalam simulasi superkomputer, peneliti Juan de Pablo dari Universitas Chicago menunjukkan bagaimana Ebselen mampu mengikat katalis Mpro.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

X