Khutbah Jumat Singkat Bulan Maulid Nabi Muhammad tentang Dalil Peringatan 12 Rabiul Awal

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:57 WIB
Ilustrasi Khutbah Jumat singkat bulan Maulid Nabi Muhammad. (Pixabay/eghie)
Ilustrasi Khutbah Jumat singkat bulan Maulid Nabi Muhammad. (Pixabay/eghie)

AYOJAKARTA.COM -- Khutbah Jumat singkat bulan Maulid Nabi Muhammad bisa disimak pada informasi berikut ini.

Awal Oktober 2022 menjadi momen tersendiri bagi umat Islam. Di mana pada tanggal 8 Oktober terdapat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap tahun.

Dalam artikel ini, terdapat khutbah Jumat singkat yang membahas mengenai dalil memperingati momen 12 Rabiul Awal ini.

Simak berikut ini khutbah Jumat yang dihimpun dari laman NU Online, Kamis, 6 Oktober 2022.

Baca Juga: Berapa Kekayaan Lesti Kejora ? Simak Harta Istri Rizky Billar yang Mewah dan Fantastis di Sini

Khutbah Jumat Singkat Bulan Maulid

Khutbah I

اَلْحَمْدُ لِلّٰه، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ،ـ أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (الحج: 77)

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah, dari atas mimbar khatib berwasiat kepada kita semua, terutama kepada diri khatib pribadi, untuk senantiasa berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara melaksanakan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari seluruh yang diharamkan.

Kaum Muslimin yang berbahagia, hari ini kita telah berada di bulan Rabi’ul Awal. Bulan maulid Nabi. Bulan kelahiran Nabi. Pada bulan Rabi’ul Awal, dari tahun ke tahun, sejak pertama kali perayaan maulid ini dilakukan pada awal abad ketujuh hijriah, umat Islam di berbagai belahan dunia merayakannya dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Namun di tahun ini, bisa jadi perayaan maulid di berbagai negara tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya mengingat musim pandemi yang belum kunjung usai.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah, kenapa kita merayakan maulid? Karena kelahiran Nabi Muhammad ke muka bumi ini adalah nikmat dan rahmat teragung yang Allah anugerahkan kepada kita. Perayaan maulid adalah bentuk syukur kita kepada Allah atas nikmat yang sangat agung ini. Dengan sebab beliau, kita mengenal Allah, satu-satunya Tuhan yang berhak dan wajib disembah. Tuhan Pencipta segala sesuatu. Tuhan yang tidak menyerupai segala sesuatu. Tuhan yang tidak membutuhkan kepada segala sesuatu. Dengan sebab beliau, kita mengenal Islam, satu-satunya agama yang benar. Satu-satunya agama yang diridhai Allah. Agama yang dibawa dan diajarkan oleh seluruh nabi dan rasul.

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Mbah Moen dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:25 WIB
X