Mengenal Silent Treatment, Langkah Mendiamkan Seseorang yang Justru Berdampak Buruk bagi Kesehatan Mental

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:00 WIB
Iilent Treatment https://id.images.search.yahoo.com/
Iilent Treatment https://id.images.search.yahoo.com/

AYOJAKARTA.COM--Wajar dalam suatu hubungan jika terjadi pertengkaran. Hal ini dipicu perbedaan pendapat, cemburu, kurang komunikasi atau bahkan perselingkuhan.

Silent treatment merupakan suatu tindakan atau sikap di mana kita akan mendiamkan atau mengabaikan seseorang dengan menolak berbicara. Hal ini biasanya terjadi ketika kita merasa marah, frustasi, atau terlalu kewalahan dalam menghadapi suatu masalah.

Sebagian orang pun memilih melakukan silent treatment agar pertengkaran tidak terus menerus berlanjut. Akan tetapi, metode ini juga bisa membuat hubungan menjadi renggang dan berpisah.

Baca Juga: Siaran Langsung Bali United vs RANS Nusantara FC Liga 1 Kamis 4 Agustus 2022 Kick Off 20.30 WIB, Klik di Sini

Kata-kata ini bukanlah hal baru buat kita, tapi silent treatment  ini merupakan suatu tindakan  sangat menyebalkan dan tidak dewasa.

Sikap ini bukan hanya dalam hubungan percintaan, tapi tindakan ini juga bisa terjadi  hampir di semua jenis hubungan. Entah itu antara ibu dan anak, sesama rekan kerja, atau dalam pertemanan.

Tindakan ini bisa menjadi reaksi cepat terhadap situasi di mana seseorang merasa marah, frustrasi, atau terlalu kewalahan untuk menghadapi suatu masalah.

Baca Juga: Jadwal Job Fair Jakarta Pusat 2022, Digelar 8-9 Agustus. Cek Lokasi dan 40 Stand Perusahaannya

Seperti yang kita ketahui sikap tersebut (silent treatment) kadang-kadang bisa menjadi bentuk kekerasan emosional saat digunakan mengontrol dan memanipulasi yang lain. Hal ini terlihat jelas akan memberikan efek besar pada harga diri mereka yang menjadi korbannya.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pop Art Jakarta 2022 Kembali Hadir, Simak Jadwalnya!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:35 WIB

Setelah 2 Tahun Vakum, HIEX 2022 Hadir Kembali

Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:55 WIB
X