Mengenal Apa Itu Retinol? Ini Asal Usul, Fungsi, Manfaat dan Bedanya dengan Retinoid

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:06 WIB
Ilustrasi skincare/retinol (Envato)
Ilustrasi skincare/retinol (Envato)

AYOJAKARTA.COM - Belakangan ini sangat trend skincare dengan bahan retinol.

Perlu diketahui, retinol diyakini punya kelebihan yang bisa menyamarkan kerutan wajah, menghilangkan bekas jerawat dan bisa di sebut skincare anti penuaan.

Tetapi sayangnya, tidak banyak orang yang tahu apa itu retinol dan asal mula kandungan skincare ini.
 
 
Dilansir AyoJakarta.com dari suara.com pada Selasa (2/8/2022), awalnya pada 1970-an retinol digunakan sebagai obat jerawat.
 
Tapi belakangan ini para peneliti menemukan bahwa retinol bisa memudarkan bintik keratosis, meratakan warna, dan mempercepat pergantian sel kulit.
 
Retinol adalah sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A. Cara kerja retinol tidak mengangkat sel kulit mati seperti produk kulit kebanyakan.
 
 
Sebaliknya retinol adalah sejenis molekul kecil yang mampu masuk hingga ke bagian bawah epidermis hingga ke dermis kulit.

Setelah sampai ke bagian tengah kulit, kandungan ini akan membantu menetralisir radikal bebas.
 
Lantaran radikal bebas dihilangkan, maka kolagen dan elastin bisa bekerja maksimal, sehingga efek kencang pada kulit akan terasa.
 
 
Fungsi Retinol
 
Cara kerja retinol adalah masuk kebagian kulit wajah, maka cara kerjanya bisa menghilangkan kerutan, garis halus, pori-pori membesar, tanda bintik hitam yang diakibatkan sinar matahari, hingga membuat tekstur kulit menjadi lebih rata.
 
Untuk hasil yang lebih baik skincare dari bahan retinol ini lebih baik dipakai setiap hari, dan hasilnya akan terlihat setelah pemakaian berminggu minggu.
 
 
Manfaat Retinol
 
Mengoleskan vitamin A dalam bentuk retinol punya manfaat yang beragam seperti sebagai berikut:

1. Mencegah dan mengurangi kerutan pada wajah, serta menghaluskan garis-garis halus di area wajah.
 

2. Mencerahkan kulit kusam dengan pengelupasan atau regenerasi sel, yang menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.

3. Mengurangi jerawat, dan mengontrol sebum penghasil minyak di kulit.

4. Memudarkan bintik gelap akibat penuaan, sinar matahari, hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit dari waktu ke waktu.
 
 
Kenapa retinol bisa kerutan atau garis halus di area wajah, karena skincare ini mengandung kolagen, yang dapat merangsang terbentuknya pembuluh darah bari di dalam kulit. sehingga kulit terlihat lebih cerah.
 
Walaupun begitu efek retinol tidak bisa secara instan dirasakan.
 
Melainkan memerlukan waktu 6 hingga 12 bulan untuk mendapatkan efek yang lebih baik.
 
 
Perbedaan Retinol dan Retinoid
 
Meski bisa dibilang sama dan bisa mengurangi kerutan pada wajah, tapi kedua bahan yang pada umumnya terkandung didalam skincare ini adalah dua kandungan yang tentunya berbeda.
 
Dibanding retinol, retinoid bisa bekerja dengan efek cepat dan lebih kuat. Ini karena retinol harus melalui beberapa konversi dahulu sebelum diubah menjadi asam retinoat.
 
 
Untuk retinoid tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju ke produk akhir tersebut. Sehingga bisa dibilang memiliki sifat yang lebih kuat dan keras dibanding dengan retinol
 
Nah, itulah seputar informasi mengenai skincare yang mengandung retinol dan retinoid. Semoga bermanfaat!*** (Sandi Pradana Sulaeman)

Editor: Desi Kris

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X