Risiko Menggunakan Retinol Saat Dalam Masa Menyusui, Ibu Baru Melahirkan Wajib Tahu

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:55 WIB
Ilustrasi, penggunaan retinol sangat tidak dianjurkan oleh wanita yang sedang dalam masa menyusui (freepik)
Ilustrasi, penggunaan retinol sangat tidak dianjurkan oleh wanita yang sedang dalam masa menyusui (freepik)
AYOJAKARTA.COM - Karena retinol adalah bahan yang sangat keras, dalam penggunaannya pasti terdapat risiko tertentu (seperti sensitivitas terhadap sinar matahari).
 
Oleh karena itu, menggunakan retinol saat dalam masa menyusui berpotensi dapat menyebabkan serangkaian risiko baru bagi bayi kita.
 
Dikutip AyoJakarta.com melalui laman website verywellfamily.com, Selasa (2/7/2022), ketika dioleskan pada kulit, kita tidak dapat mengetahui secara pasti berapa banyak kadar retinol yang diteruskan ke anak kita melalui air susu kita.
 
 
Karena retinol telah terbukti menyebabkan cacat lahir pada anak-anak, bila digunakan selama masa kehamilan.
 
Maka pilihan terbaik adalah dengan menghindarinya sementara waktu untuk mencegah risiko menularkan efek yang tidak diinginkan kepada bayi kita.
 
"Sejauh ini belum ada yang dapat memastikan hal ini secara akurat; tetapi karena tidak ada bukti resmi pula yang benar-benar menjamin keamanannya, kami menyarankan pada para ibu yang sedang hamil dan menyusui untuk tidak menggunakannya ." jelas Dr. Mraz-Robinson.
 
 
"Karena rasio risiko/imbalan tidak sepadan." tambahnya.
 
Kapan Kita Boleh Melanjutkan Penggunaan Retinol?
 
Karena risiko menularkan retinol kepada anak kita melalui ASI akan hilang ketika kita berhenti menyusui, maka anda dapat memasukkan retinol kembali ke dalam rutinitas kosmetik harian (atau mencobanya untuk pertama kali) segera setelah anda selesai menyusui.
 
 
"Retinol bisa sangat membantu ketika kehamilan dan menyusui telah berhenti. Ini dapat membantu menghidupkan kembali sel kulit yang lelah, kusam dan menghilangkan hiperpigmentasi dari jerawat yang disebabkan oleh hormon pascapersalinan." kata Dr. Mraz-Robsinson.
 
Namun, yang terpenting adalah selalu lakukan konsultasi dengan dokter kulit anda terlebih dahulu, sebelum menggunakan bahan retinol, baik saat sedang masa menyusui ataupun tidak.
 
Sementara ini penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara utuh mengenai total jumlah kandungan retinol yang benar-benar diserap ke dalam aliran darah.
 
 
Karena kita tahu bahwa hal tersebut dapat mengakibatkan efek yang fatal pada janin jika dikonsumsi selama masa kehamilan, termasuk mengalami keguguran, dan dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak dimasa menyusui.*** (Arif Nurrohman)

Editor: Desi Kris

Sumber: verywellfamily.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X