Situasi Terkini Pasca Gempa Cianjur, Penemuan Korban Tewas di Longsoran Tanah hingga Gempa Susulan!

- Jumat, 25 November 2022 | 14:27 WIB
Situasi Terkini Gempa Cianjur, Penemuan Korban Tewas di Longsoran Tanah hingga Gempa Susulan! (tangkap layar instagram/bnpb_indonesia)
Situasi Terkini Gempa Cianjur, Penemuan Korban Tewas di Longsoran Tanah hingga Gempa Susulan! (tangkap layar instagram/bnpb_indonesia)

AYOJAKARTA.COM - Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Cianjur setelah gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang juga mengguncang sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Barat.

Hingga saat ini upaya evakuasi masih terus dilakukan dalam masa tanggap darurat yang telah disepakati oleh BPBD setempat.

Dikutip ayojakarta.com dari ayobandung.com pada 25 November 2022, gempa susulan masih mengguncang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Info Gempa Hari Ini: Kekuatan Magnitudo 4.1 dan 3.4, Pusat Gempa Barat Daya Kabupaten Cianjur

Sebanyak 236 gempa susulan baru tercatat melalui pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejak Jumat (25/11/2022) dini hari.

Berdasarkan data BMKG, skala gempa paling besar mencapai Magnitudo (M) 4,2 yang terjadi pada 01.44 WIB dini hari tadi, sedangkan paling kecil mencapai M 1,2.

Hingga saat ini, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati belum bisa memastikan apa pemicu utama dari serangkaian gempa Cianjur.

Hal ini terkait kelengkapan data yang belum sempurna dan dianalisa.

"Karena belum ada data yang tepat. Kalau tidak Cimandiri, ya Padalarang. Episenter fokus mengarah ke arah sistem Sesar Cimandiri. Kenapa pakai kata sistem? Karena sesar itu tidak sendirian," terang Kepala BMKG, Dwikorita.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: ayobandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PNM Gelar Pesta Nasabah Mikro di Makassar

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB
X