LPSK: Jaksa Tahu Hukum, Seharusnya Richard Eliezer Dihukum Paling Ringan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:24 WIB
Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi mengatakan tuntutan terhadap Richard Eliezer harusnya lebih ringan. (Dok. Republika/Thoudy Badai)
Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi mengatakan tuntutan terhadap Richard Eliezer harusnya lebih ringan. (Dok. Republika/Thoudy Badai)

AYOJAKARTA.COM - Dalam statusnya sebagai justice collaborator (JC) Richard Eliezer semestinya dituntut hukuman paling ringan ketimbang pelaku yang lain.

Diketahui, Richard Eliezer telah dituntut oleh jaksa dengan 12 tahun penjara dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Tuntutan tersebut memang mengecewakan berbagai pihak, salah satunya LPSK. LPSK merasa rekomendasi keringanan hukuman kepada Richard Eliezer yang merupakan justice collaborator tak sesuai harapan undang-undang saksi perlindungan korban.

Baca Juga: TERPOPULER: Mahfud MD Harap Ada Angin Segar untuk Bharada Richard Eliezer Bebas dari Hukuman

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menjelaskan bahwa rekomendasi yang diberikan memang diterima oleh jaksa penuntut umum (JPU).

"Sebenarnya rekomendasi yang diberikan kepada JPU diterima, karena disebutkan dalam tuntutannya bahwa hal yang meringankannya Bharada E merupakan saksi pelaku yang bekerjasama sebagai JC," kata Edwin di kanal YouTube Uya Kuya TV, dikutip Rabu, 25 Januari 2023.

Kemudian, Edwin Partogi mengungkapkan hal yang mengecewakan LPSK di antaranya Richard Eliezer seharusnya mendapatkan "hadiah" dari kejujurannya yang mengungkapkan misteri kematian almarhum Yosua.

Baca Juga: Wakil Ketua LPSK Ungkap Kejanggalan dalam Tuntutan Richard Eliezer: Harusnya Pidananya Paling Ringan

"Mengecewakan karena diterima sebagai saksi yang bekerja sama, tetapi tuntutannya tidak menggambarkan reward yang seharusnya diterima oleh JC," ucap Edwin.

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: YouTube Uya Kuya TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X