LPSK: Richard Eliezer Orangnya Jaksa, Lantas Apa Arti Kejujuran Bharada E Kalau Tidak Dihargai?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:30 WIB
Edwin Partogi Pasaribu selaku Wakil Ketua LPSK menyayangkan sikap jaksa yang seharusnya Richard Eliezer berada di bawah lindungannya. (Dok. Republika/Thoudy Badai)
Edwin Partogi Pasaribu selaku Wakil Ketua LPSK menyayangkan sikap jaksa yang seharusnya Richard Eliezer berada di bawah lindungannya. (Dok. Republika/Thoudy Badai)

AYOJAKARTA.COM - Terdakwa Richard Eliezer menyandang status sebagai justice collaborator (JC) karena membongkar skenario palsu kematian Brigadir Yosua yang dibuat oleh mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Sementara itu, dalam sidang tuntutan yang berlangsung pada Rabu, 18 Januari 2023 lalu, jaksa telah membacakan tuntutan 12 tahun untuk Eliezer. Tuntutan ini lebih tinggi dari tiga tersangka lain yaitu Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi yang hanya dituntut 8 tahun penjara.

Dalam tuntutan jaksa, Richard Eliezer disebut sebagai eksekutor pembunuhan Brigadir Yosua sehingga mendapat tuntutan lebih. Selain itu jaksa menyebut status saksi pelaku atau justice collaborator yang diterima Richard Eliezer dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) belum berkekuatan hukum formal karena ditetapkan oleh hakim.

Baca Juga: Richard Eliezer Jalani Sidang Pledoi, Puluhan Anggota Brimob Datangi PN Jaksel: Kami ke Sini untuk Icad

Dalam hal ini, Edwin Partogi Pasaribu selaku Wakil Ketua LPSK menyayangkan sikap jaksa yang seharusnya Richard Eliezer ini adalah orang yang berada di bawah lindungannya.

Hal ini disampaikan Edwin Partogi Pasaribu dalam acara podcast bersama presenter Uya Kuya.

Mulanya, Edwin bercerita bahwa Richard Eliezer adalah orang yang paling menguntungkan tuntutan JPU bahkan hakim pun turut diuntungkan dengan statusnya Richard Eliezer sebagai JC ini.

Dia menyebut ada lima dakwaan yang diperkuat oleh kesaksian Richard Eliezer sebagai orang yang mengungkapkan fakta tentang skenario bohongnya Ferdy Sambo dalam kasus kematian Brigadir Yosua.

Baca Juga: LPSK: Jaksa Tahu Hukum, Seharusnya Richard Eliezer Dihukum Paling Ringan

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: YouTube Uya Kuya TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X