12 Dawuh dari Mbah Moen yang Ringan Dilakukan namun Menjamin Masuk Surga

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 05:45 WIB
KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen (Tangkap layar youtube GMT Media Channel )
KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen (Tangkap layar youtube GMT Media Channel )

AYOJAKARTA.COM—Semasa hidupnya, Kyai kharismatik  Maimoen Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen membagi pengetahuan tentang Islam kepada para santri atau Jemaah-jemaahnya.

Banyak dawuh atau pesan yang kerap diberikan Mbah Moen mampu memberikan  ketenangan iman bagi seorang muslim.

Berikut ada 12 Dawuh yang pernah disampaikan Mbah Moen, mudah, ringan dikerjakan namun pahalanya berat dan menawarkan surga.

Baca Juga: Kisah Teladan Mbah Moen yang Membuat Kita Merasakan Duka Mendalam Setelah 3 Tahun Wafat

Mengutip YouTube Java Ethnic, 23 Juli 2022, ada 12 Dawuh dari Mbah Moen dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 12 Dawuh tersebut : 

  1. Jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun, bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunnahnya, bukan karena panjang sholat malamnya, tetapi karena akhlak baiknya dan sabarnya ketika musibah datang melanda. 
  1. Kita sekalian meskipun orang biasa, bukan keturunan kyai, bukan keturunan ulama, tidak bisa memiliki anak-anak yang soleh. Jangan berkecil hati, berdoalah dan mendekatkatlah kepada para kyai para ulama. Allah Maha Mendengar doa hambanya, tentu tetap dengan adanya usaha. 
  1. Jika engkau melihat seekor semut terpeleset, dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah. Barangkali itu jadi penyebab ampunan bagimu di akhirat.

Baca Juga: Sejarah Puasa Asyura, Puasa 10 Muharram yang Dianjurkan Rasulullah

  1. Jangan mudah berburuk sangka, biar hatimu tidak gelap dan tidak sengsara. 
  1. Jika engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa mengganggu jalannya kaum muslim maka singkirkanlah, barangkali itu jadi penyebah dimudahkannya jalanmu menuju surga. 
  1. Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati diuji kesabarannya. Namun hadirkankah gambarannya satu di antara mereka kelak akan menarik tangan kita ke surga. 
  1. Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induk ayam, maka ambil dan susulkan ia dengan induknya. Semoga itu jadi penyebab Allah mengabulkan atau mengumpukan keluargamu di surga

 Baca Juga: Hukum Menggabungkan Puasa Asyura dan Puasa Qadha

  1. Jangan mikir kelak akan jadi apa,yang penting belajar giat. 
  1. Jika engkau melihat orangtua membutuhkan tumpangan. Maka antarkanlah ia. Barangkali itu menjadi penyebab kelapangan rezekimu di dunia. 
  1. Lebih baik menjadi orang benar meski tidak pinta. Sebab membuat orang jadi benar membutuhkan kejernihan hati  dan  keluasan cinta. 
  1. Jika engkau bukanlah seorang yang menguasai banyak ilmu agama maka ajarkanlah alif ba ta kepada anak-anakmu, setidaknya itu menjadi amal jariah untukmu yang tak akan putus, meskipun engkau di alam kubur. 
  1. Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisan dari menyakiti. Setidaknya itu menjadi sedekah buatmu.

Itulah 12 Dawuh atau pesan  yang disampaikan Mbah Moen dan lekat dalam keseharian kita. Semoga bermanfaat!

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: YouTube Java Ethnic

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X