Menjelang 30 September, Kenali Beberapa Tempat Bersejarah G30S PKI di Jakarta

- Minggu, 25 September 2022 | 16:38 WIB
Monumen Pancasila Sakti, tempat G30S PKI terjadi. (Dok. Kemdikbud)
Monumen Pancasila Sakti, tempat G30S PKI terjadi. (Dok. Kemdikbud)

AYOJAKARTA.COM – Sudah 57 tahun silam peristiwa terkelam Indonesia terjadi. Peristiwa yang dikenal juga dengan sebutan G30S PKI di mana para anggota partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan aksi pemberontakan yang menyebabkan banyak masyarakat yang gugur dalam peristiwa tersebut.

PKI merupakan partai tertua dan terbesar pada masa itu yang bahkan memiliki anggota mencapai tiga juta orang banyaknya. Karena pengaruhnya yang besar, PKI pada masa itu mampu merangkul masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari para intelektual, buruh, seniman hingga petani.

Peristiwa pemberontakan PKI terjadi pada antara malam 30 September hingga 1 Oktober 1965. Tujuan dari aksi ini adalah mereka berusaha untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno serta ingin mewujudkan Indonesia ke dalam sistem komunis.

Baca Juga: Lama Bungkam soal Isu Perselingkuhannya, Reza Arap Buka Suara Kondisi Rumah Tangganya Bersama Wendy Walters

Pada akhirnya hingga kini keberadaan PKI sudah dihapuskan sejak peralihan masa Orde Lama hingga Orde Baru. Ada beberapa tempat yang menjadi titik peristiwa kelam ini, dan kini tempat-tempat tersebut menjadi museum-museum dan monumen yang bisa dikunjungi untuk mengenang pahlawan-pahlawan yang gugur.

Dilansir dari Suara.com, berikut tempat-tempat bekas peristiwa G30S Pki yang bisa dikunjungi masyarakat umum.

1. Museum Pancasila Sakti

Tempat ini juga dikenal sebagai Museum Lubang Buaya. Di sini Merupakan tempat dimana tujuh perwira dimasukkan ke dalam sumur. Museum ini juga menyajikan diorama yang menggambarkan kejadian kelam yang menimpa para perwira yang gugur dalam kejadian G30S PKI.

Baca Juga: Lama Bungkam soal Perceraiannya, Suara Hati Bupati Purwakarta Anne Ratna: Dedi Mulyadi Gak Bisa Dibatasi

2. Museum AH Nasution

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X