BNPB Pastikan Erupsi Gunung Semeru Tak Akan Sebabkan Tsunami, Ini Alasannya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 07:41 WIB
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu 4 Desember  (PVMBG)
Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu 4 Desember (PVMBG)

AYOJAKARTA.COM – Setelah Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu dini hari 4 Desember 2022 sempat beredar pemberitaan bahwa otoritas di Jepang mengantisipasi kemungkinan tsunami di wilayahnya.

Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menegaskan bahwa informasi erupsi Gunung Semeru bisa menyebabkan tsunami bahkan sampai ke Jepang tidak beralasan.

Menurut Abdul Muhari, ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan antara lain Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut.

Dengan jarak yang jauh itu, menurut Abdul Muhari, potensi letusan, pyroclastic, dan partial collapse tidak akan sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami.

Alasan selanjutnya adalah, seperti disampaikan Abdul Muhari di laman resmi BNPB, posisi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa.

Baca Juga: Fantastis! Kekayaan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Capai Rp 179 Miliar, Ternyata Sumbernya dari Sini

Baca Juga: Perwira Paspampres Mayor BF yang Bikin Panglima TNI Murka Karena Perkosa Prajurit Kostrad Disidik Puspomad

Menurut Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), jika terjadi longsoran di Pantai Selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkin tsunami yang terjadi bisa menjangkau negara Jepang karena terhalang gugusan pulau-pulau di Indonesia.

Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke negara Jepang, dapat dipastikan tidak tepat.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X