Lukas Enembe Ditangkap KPK, Ketua Komidi II DPR RI Desak Mendagri Segera Tetapkan Plt Gubernur Papua

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:48 WIB
Lukas Enembe Ditangkap KPK, Ketua Komidi II DPR RI Desak Mendagri Segera Tetapkan Plt Gubernur Papua (YouTube Metro TV news)
Lukas Enembe Ditangkap KPK, Ketua Komidi II DPR RI Desak Mendagri Segera Tetapkan Plt Gubernur Papua (YouTube Metro TV news)

AYOJAKARTA.COM - Belum lama ini, Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe ditangkap KPK pada 10 Januari 2023 karena terlibat kasus suap dan gratifikasi.

Tidak hanya Lukas Enembe, KPK juga menetapkan Direktur PT. Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka sebagai tersangka pemberi suap. Rijatono diduga menyuap Lukas dan sejumlah pejabat Pemprov Papua agar bisa memenangkan sejumlah proyek infrastruktur.

Lebih jelasnya Lukas Enembe diduga menerima suap sebesar 1 Miliar Rupiah dari Rijatono Lakka untuk mendapatkan tiga proyek pembangunan infrastruktur di Papua

Baca Juga: Kepala Intelijen Soleman B Ponto Buka Suara Soal Dugaan Korupsi Lukas Enembe Danai Kelompok Separatis

Hingga akhirnya, perusahaan Rijatono Lakka mendapatkan tiga proyek senilai Rp. 41 Miliar.

Meskipun sebelumnya perusahaan tersebut bergerak di bidang farmasi dan tidak memiliki pengalaman pembangunan proyek infrastruktur.

Dikutip Ayojakarta.com dari laman Republika.co.id pada (25/1/2023) seperti yang kita tau, Wakil Gubernur Papua, Klimen Tinal meninggal dunia pada 21 Mei 2021 dan hingga saat ini belum ada penggantinya.

Baca Juga: Eks Napi Koruptor OC Kaligis Jadi Kuasa Hukum Lukas Enembe, KPK Berikan Tanggapan Ini!

Sehubungan dengan penangkapan Lukas Enembe, per tanggal 11 Januari 2023 dan kekosongan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur, Kemendagri menugaskan Sekda Papua Ridwan Rumasukun menjadi Pelaksana Tugas Sehari-hari (Plh) untuk sementara waktu mengisi kekosongan kursi Gubernur Papua.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X