Melanggar Aturan Lalu Lintas di Bogor Disuruh Baca Al-Quran

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:05 WIB
Ilustrasi, melanggar aturan lalu lintas di Bogor, Jawa Barat dikenakan sanksi berupa membaca Al-Quran. (Instagram.com/@tmcpolresbogor)
Ilustrasi, melanggar aturan lalu lintas di Bogor, Jawa Barat dikenakan sanksi berupa membaca Al-Quran. (Instagram.com/@tmcpolresbogor)

AYOJAKARTA.COM -- Melanggar aturan lalu lintas di Bogor, Jawa Barat dikenakan sanksi berupa membaca Al-Quran bagi yang Muslim.

Hal itu dilakukan oleh Satlantas Polres Bogor.

Sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, bahwa polisi lalu lintas tidak diperkenankan lagi melakukan tindakan tilang secara manual.

Dalam instruksinya itu, pelanggar nantinya akan diberikan tindakan tilang secara elektronik atau penindakan humanis.

"Ini sesuai arahan Bapak Kapolri tentang tidak boleh tilang manual, kami dari Polres Bogor juga menyampaikan bahwa kita tidak ada lagi tilang manual," kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata pada Senin, 24 Oktober 2022, dikutip dari NTMC Polri.

Uniknya, Satlantas Polres Bogor melakukan tindakan kepada pelanggar lalu lintas di wilayah kerjanya dengan penindakan humanis yang berbeda.

Seperti yang terjadi di sekitar pos polisi 10b Simpang Pemda, di mana ada 31 pelanggaran yang terjadi. Dalam kegiatan tersebut, Satlantas Polres Bogor menghadirkan tokoh agama setempat.

Para pelanggar itu kemudian diberi sanksi berupa membaca Al-Quran, terutama bagi yang beragama Islam.

"Pengemudi yang tertangkap tangan melakukan pelanggaran lalu lintas kasat mata kita berikan teguran dan sanksi membaca Alquran, serta kegiatan sosial lainnya. Tanpa kita lakukan penilangan," kata Dicky.

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: NTMC Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adakah Jam One Way Puncak Bogor Hari Ini?

Sabtu, 26 November 2022 | 09:54 WIB
X