3 Amalan Hari Jumat Beserta Keutamaannya yang Bisa Dilakukan Muslim untuk Mendapat Pahala

- Kamis, 28 Juli 2022 | 14:21 WIB
Keutamaan hari Jumat dan amalan yang dapat dilakukan umat muslim (freepick)
Keutamaan hari Jumat dan amalan yang dapat dilakukan umat muslim (freepick)

AYOJAKARTA.COM - Hari Jumat adalah hari yang sangat mulia bagi umat muslim.

Dalam beberapa referensi disebutkan, bahwa hari Jumat merupakan hari yang paling utama dalam satu minggu, dan malamnya merupakan malam yang paling utama setelah malam lailatul qadar.

Keutamaan dan kemuliaan hari Jumat berkaitan dengan amalan atau aktivitas-aktivitas yang di sunnahkan atau di syariat kan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Khutbah Jumat Terbaru 2022 Singkat dan Padat Tentang Tahun Baru Islam Momentum Hijrah yang Hakiki

Dilansir oleh AyoJakarta.com pada Kamis (28/07/2022) dari nuonline.com, terdapat beberapa dalil yang menjelaskan keutamaan hari Jumat salah satunya Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadits:

وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat, Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya fitri, di dalam Jumat terdapat lima keutamaan, Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. 

Baca Juga: Teks Khotbah Jumat Singkat Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H

Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X