Tanggapi Santai Kritikan Anies Baswedan Soal Pembangunan Jalan Era Jokowi, Menteri PUPR: Datanya Bagus, Betul!

- Jumat, 26 Mei 2023 | 11:33 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Sumber Foto: Instagram/@basuki_pupr - Alonesia.com)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Sumber Foto: Instagram/@basuki_pupr - Alonesia.com)

AYOJAKARTA.COM - Kritik bakal calon presiden Anies Baswedan soal pembangunan jalan raya era Presiden Jokowi dan Presiden SBY menuai polemik hingga saat ini.

Tak hanya pemerintah yang menepis tudingan tersebut, beberapa pihak seperti Relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center) sampai melaporkan Anies Baswedan ke Bareskrim Polri terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoax.

Namun akhirnya laporan GP Center tersebut tidak diterima oleh pihak Kepolisian karena dianggap kurang cukup bukti.

Hingga akhirnya Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga pun memberikan klarifikasi terkait kritikan tersebut.

Baca Juga: KemenPPPA Tindak Dugaan Pelecehan di Pesantren NTB, 2 Terduga Pelaku Gunakan Modus Ini…

Dikutip AyoJakarta.com dari suara.com pada Jumat (26/5/2023), Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan bahwa penambahan jalan era Presiden SBY yang diklaim oleh Anies Baswedan merupakan perubahan status jalan provinsi menjadi nasional dan bukan merupakan pembangunan baru.

Selain itu, Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yakni Ande Akhmad Sanusi juga menyampaikan hal senada.

Ia mengatakan bahwa ada kekeliruan interpretasi data terkait penambahan jalan nasional pada era Presiden SBY melalui kritik yang disampaikan oleh Anies Baswedan.

Baca Juga: Musra Setor 3 Kandidat Capres 2024 ke Jokowi Tapi Tak Ada Nama Anies Baswedan, Kenapa?

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atau yang akrab disapa Pak Bas menyampaikan bahwa data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sudah benar.

"Sudah, sudah. Berpolemik. Datanya bagus, datanya betul," kata Menteri PUPR tersebut.

Sebelumnya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membandingkan pembangunan jalan di era Presiden Jokowi hanya sekitar 590 kilometer sedangkan era presiden SBY sepanjang 12.800 kilometer.

Baca Juga: Anies Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Pidato Politik, Sudirman Said: Cara Mencerdaskan Publik

Anies Baswedan juga menyebutkan tentang keberhasilan Presiden Jokowi dalam pembangunan jalan tol sepanjang 1.569 kilometer dari total 2.499 kilometer jalan tol di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X