Misteri di Balik Angka 17 yang Dipilih Soekarno untuk Memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:46 WIB
Iluatrasi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Instagram @soekarno_hatta_1945)
Iluatrasi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (Instagram @soekarno_hatta_1945)

AYOJAKARTA.COM—Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 akan tiba beberapa waktu lagi, seluruh rakyat Indonesia bergembira menyambutnya dengan beragama kegiatan.

Mulai dari menggelar lomba di masyarakat hingga menghidupkan tradisi yang hanya setahun sekali muncul. Namun, taukah sejarah yang terkandung dalam Peringatan HUT RI setiap tanggal 17 Agustus ini?.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Indonesia jadi Negara ke-6 Paling Indah 2022 di Dunia Bahkan di Atas New Zealand!

Mengapa bapak Proklamator kita Soekarno-Hatta memilih tanggal 17 Agustus 1945 itu sebagai peristiwa penting bagi bangsa Indonesia?

Dilansir AyoJakarta.com dari kanal YouTube PUNCAK JAYA, diceritakan  para pemuda mengetahui bahwa Jepang menyerah kepada sekutu. Mereka ingin Indonesia segera merdeka.

Pada 15 Agustus 1945, para pemuda  itu menculik Soekarno yang sedang berada di kediamannya, di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi). Soekarno lantas dibawa ke Rengasdenglok.

Baca Juga: Mengenal Telok Abang, Tradisi Sambut Kemerdekaan di Palembang. Unik Banyak Disukai Anak-anak

Namun dia menolak desakan para pemuda agar saat itu juga memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia. Saat itu, Soekarno lebih memilih tanggal 17 Agustus 1945 untuk memproklamasikan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

"Mengapa diambil tanggal 17 Agustus? Mengapa tidak sekarang atau tanggal 16 Agustus?" tanya Sukarni, yang merupakan salah seorang pemimpin pemuda radikal, kala itu.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Berbagai Sumber, Youtube PUNCAK JAYA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gaji PNS Tidak Naik 5 Persen? Berikut Faktanya!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:37 WIB
X