Sepak Bola Durian di Kebumen, Tradisi Unik Sambut Kemerdekaan. Tak Boleh Sembarangan Orang Bermain

- Senin, 1 Agustus 2022 | 14:27 WIB
Sepak bola durian di Kebumen, tradisi sambut Kemerdekaan RI
Sepak bola durian di Kebumen, tradisi sambut Kemerdekaan RI

AYOJAKARTA.COM—Beragam tradisi menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Satu yang unik digelar di Kebumen, namanya Sepak Bola Durian. Seperti umumnya sepak bola, olahraga sepak bola ini juga dilakukan secara tim, dengan bola. Namun bola di sini diganti menggunakan buah durian.

Perlu diingat, sepak bola durian ini hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa serta tidak boleh sembarangan orang. Dalam pertandingan sepak bola durian ini, para pemainnya tidak boleh menggunakan alas kaki alias cekeren, sehingga membutuhkan ketrampilan dan teknis yang hanya dimiliki orang-orang tertentu.

Baca Juga: Jadwal Penutupan Kartu Prakerja Gelombang 39? Prediksi Ditutup Besok?

Mengutip, Indonesia.travel.id, Minggu, (31/7/2022), lomba ekstrim ini biasanya hanya diikuti oleh orang tertentu, misalnya anggota laskar Densus 99, TNI dan anggota forum spiritual.

Sebelum lomba dimulai para peserta dan panitia biasanya mengadakan doa bersama demi keselamatan semua orang, khususnya para peserta.

Baca Juga: Mengenal Telok Abang, Tradisi Sambut Kemerdekaan di Palembang. Unik Banyak Disukai Anak-anak

Merangkum dari berbagai sumber, Sepak Bola Durian ini memiliki filosofi tersendiri. Ketika sebuah bola diganti dengan durian, bahwasanya banyak  duri yang tengah menganggu Keutuhan NKRI.

Oleh karena itu, duri-duri itu harus disingkarkan dengan cara ditendang, sejauh mungkin.***

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Berbagai Sumber, indonesia.travel.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X