Tips Bikin Konten YouTube Menarik agar Bisa Jadi Jaminan Hutang di Bank

- Jumat, 22 Juli 2022 | 14:53 WIB
Ilustrasi konten creator, Kemenkumham beberkan syarat konten YouTube yang dijadikan sebagai syarat pinjaman bank (pixabay/Mohamed_hassan)
Ilustrasi konten creator, Kemenkumham beberkan syarat konten YouTube yang dijadikan sebagai syarat pinjaman bank (pixabay/Mohamed_hassan)

AYOJAKARTA.COM-- Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif pada 12 Juli 2022.

Peraturan ini berisi tentang skema pembiayan berbasis kekayaan intelekual.  Nantinya,  para pekeraja sektor kreatif ini dapat mengajukan pinjaman (hutang/kredit) ke bank dengan kekayaan intelektual yang dimilikinya sebagai agunan jaminan utang. Entah merek produk, lagu, film  hingga lukisan dapat dijadikan jaminan untuk hutang.

Baca Juga: Pemeriksaan Ditunda, Pengacara Sebut Nikita Mirzani dengan Anaknya Tidur di Ruang Penyelidik

Termasuk konten YouTube menurut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) juga sudah bisa dijadikan jaminan guna mengajukan pinjaman ke bank.

"Kalau kita mempunyai sertifikat kekayaan intelektual atau merek atau hak cipta, hak cipta lagu kah, kalau sudah lagu kita ciptakan masuk ke YouTube. Kalau sudah jutaan viewers, itu sertifikatnya sudah mempunyai nilai jual. Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang kita bisa gadaikan di bank," ujar Menkumham Yasonna Laoly dikutip dari Republika.co.id, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu Casablanca dan Terjemahannya yang Viral di TikTok

Konten YouTube tentulah harus menarik, sehingga akan mengundang banyak orang untuk melihatnya. Dari banyaknya jumlah penonton ini akan mempengaruhi kredibilitasnya. Selanjutnya lembaga keuangan yang berwenang menaksir nilai jaminan dari video YouTube itu. 

 "Lembaga keuangan akan menentukan nilai kekayaan intelektual. Semakin tinggi value dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek, atau paten yang dimiliki tersebut maka nilai pinjaman yang diberikan pun akan semakin besar," ucap Yasonna.

Bagaimana cara membuat konten YouTube agar menarik dan dilihat banyak orang atau viewers?.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X