Polisi Amankan Obat Sirup yang Diduga jadi Penyebab Kematian Bayi 10 Bulan, Disebut Mengandung EG dan DEG

- Kamis, 10 November 2022 | 15:34 WIB
Polisi Amankan Obat Sirup yang Diduga jadi Penyebab Kematian Bayi 10 Bulan, Diduga Mengandung E dan DEG (Pixabay/iStock)
Polisi Amankan Obat Sirup yang Diduga jadi Penyebab Kematian Bayi 10 Bulan, Diduga Mengandung E dan DEG (Pixabay/iStock)

AYOJAKARTA.COM - Saat ini Indonesia masih dihebohkan dengan kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang sebagian besar balita dan juga anak-anak.

Bahkan dibeberapa daerah, kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang balita dan anak-anak tersebut hingga menyebabkan kematian.

Berdasarkan hasil penelitian laboratorium penyebab gagal ginjal akut misterius disebabkan oleh penggunaan obat sirup yang mengandung Etilon Glikol dan Dietilen Glikol yang melebihi ambang batas.

Baca Juga: Begini Mata Rantai Sampai Ada 73 Obat Sirup Diduga Terkait Gagal Ginjal Akut versi BPOM

Pemerintah telah mengupayakan berbagai cara untuk mengusut tuntas kasus gagal ginjal akut misterius seperti menarik sementara obat sirup dari peredaran guna dilakukan pengecekkan terkait kandungan  EG dan DEG.

Selain itu pemerintah melalui pihak kepolisian juga mengamankan obat sirup yang disinyalir menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak sebagai barang bukti.

Salah satunya saat dikutip AyoJakarta.com dari kanal Youtube Tv One News pada (10/11/22), yang menginformasikan pihak kepolisian melalui Dittipidter Bareskrim Mabes Polri telah mengamankan barang bukti sirup yang menyebabkan balita berusia 10 bulan meninggal di Cengkareng Jakarta Barat.

Baca Juga: Baru, Ini Daftar 73 Obat Sirup dari 5 Perusahaan Farmasi yang Ditarik dari Peredaran, Ada di Rumah Kalian Kah?

Dari lokasi kasus tersebut, polisi akhirnya mengamankan barang bukti berupa sirup Paracetamol yang sebelumnya sempat dikonsumsi oleh korban.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Sumber: YouTube tvOneNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X