Pasca Erupsi, Gunung Raung Naik ke Level Waspada, Warga Dilarang Mendekat Radius 3KM

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:27 WIB
Status Gunung Raung Meningkat dari Normal Menjadi Waspada (Foto. Laman Resmi PVMBG)
Status Gunung Raung Meningkat dari Normal Menjadi Waspada (Foto. Laman Resmi PVMBG)

AYOJAKARTA.COMGunung Raung yang terletak perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi statusnya meningkat dari normal (level I) menjadi waspada (level II) sejak 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

Penetapan status ini, menyusul pasca erupsi muncul titik api atau hotspot di kawah Gunung Raung tersebut pada Rabu (27/7/2022.

Baca Juga: Link Live Streaming Liverpool vs Man City dan Prediksi Pertandingan 30 Juli 2022

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan yang terekam, status Gunung Raung dinaikkan menjadi waspada, sehingga masyarakat tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi dengan radius 3 kilometer," jelas  Sub Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Akhmad Basuki.

Menurut Ahmad Basuki muncul titik api di kawah Gunung Raung menandakan kondisi panas di dalam magma usai terjadi erupsi.

Baca Juga: Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 38 Diumumkan, Cek Namamu Di Sini!

"Setelah erupsi pada Rabu (27/7), teramati hotspot di kawah Gunung Raung pada Kamis (28/7), yang menandakan ada peningkatan aktivitas di kawah dan terjadinya tremor menerus," katanya, Jumat (29/7/2022) dikutip dari Suara.com, Jumat (29/7/2022).

Seperti diketahui, pada Rabu, 27 Juli 2022 pukul 17.19 WIB terekam gempa letusan pada seismograf.

Namun dari Pos Pengamatan Gunung Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi karena tertutup kabut, letusan itu tak tampak.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X