8 Fakta di Balik Gurun Sahara Google Maps yang Lagi Viral di TikTok

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:42 WIB
 8 Fakta Gurun Sahara (pexels)
8 Fakta Gurun Sahara (pexels)


AYOJAKARTA.COM
- Berikut ini adalah ulasan mengenai fakta-fakta dari Gurun Sahara yang keberadaannya viral di TikTok.

Sahara adalah gurun panas terbesar di dunia yang mencakup sebagian besar Afrika utara.

Kata "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti padang pasir.

Dikutip dari wikipedia, Gurun Sahara merupakan padang pasir yang membentang dari Samudra Atlantik hingga ke Laut Merah.

Baca Juga: Gurun Sahara Google Maps Viiral di TikTok, Ini Keunikan Padang Pasir Terluas di Dunia

Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya".

Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Meskipun sahara terkenal, tapi tidak banyak orang mengetahui fakta di balik gurun yang lagi viral ini.

Dilansir AyoJakarta.com On the Go Tours pada Senin (8/8/2022), disini ada beberapa fakta tentang gurun sahara yang belum kita ketahui sebagai berikut:

Baca Juga: Gurun Sahara Google Maps Viiral di TikTok, Ini Keunikan Padang Pasir Terluas di Dunia

  1. Gurun Sahara ini mencakup hampir dari  sepertiga benua Afrika, dengan total bagiannya ada 11 negara. Yang termasuk kedalam negara bagian nya adalah Mesir, Aljazair, Chad, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, Sahara Barat, dan Tunisia.
  2. Sahara merupakan gurun panas terbesar di belakang Arktik dan Antartika, yang keduanya merupakan gurun dingin. Selama bulan-bulan musim panas, suhu di Sahara rata-rata mencapai 38 hingga 48 derajat Celcius.
  3. Walaupun ada banyak bukit pasir di Sahara yang mencapai ketinggian lebih dari 180 meter, titik tertinggi gurun ini berada di gurun berapi yang telah punah bernama Gunung Koussi di Chad, yang memiliki ketinggian 3.415 meter.
  4. Mungkin Gurun Sahara adalah salah satu lingkungan paling ekstrim di Bumi, tetapi Sahara menampung berbagai satwa liar yang telah beradaptasi dengan kehidupan yang keras.
  5. Selain unta dan kambing, ada spesies lainya tinggal di Gurun Sahara seperti cheetah, rusa, burung unta, rubah Fennec, dan biawak. Dan makhluk yang lebih mematikan mencakup kalajengking dan ular pasir berbisa.
  6. Tak hanya rumah bagi hewan-hewan yang ditinggal di sahara tapi ada sekitar 2,5 juta orang juga menyebut Sahara sebagai rumah, yang sebagian besar berakar dari Berber atau Arab.
  7. Mereka juga tinggal di pemukiman permanen yang dibangun di dekat sumber air atau memiliki gaya hidup nomaden, bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan kawanan domba, kambing, atau unta.
  8. Rute untuk perdagangan di Sahara memainkan peran penting dalam perekonomian Afrika Kuno. Barang-barang seperti tembaga, garam, dan emas diangkut menggunakan karavan unta, yang umumnya terdiri dari ribuan unta.***

Editor: Desi Kris

Sumber: On the Go Tours

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X