Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah yang Rasulullah SAW Panjatkan, Yuk Amalkan!

- Jumat, 29 Juli 2022 | 11:23 WIB
Berikut adalah bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam yang dilengkapi dengan tulisan Arab dan latin serta artinya. (Pixabay/mohammed_hassan)
Berikut adalah bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam yang dilengkapi dengan tulisan Arab dan latin serta artinya. (Pixabay/mohammed_hassan)

AYOJAKARTA.COMTahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2022.

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah atau sering kita sebut dengan tahun barunya umat Islam.

Bulan Muharram disebut juga sebagai bulan yang paling dimuliakan Allah SWT.

Sebagaimana disebutkan firman-Nya dalam Al-Qur'an surah At-Taubah ayat 36.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ مِنْهَاۤ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ ۗ وَقَا تِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَآ فَّةً كَمَا يُقَا تِلُوْنَكُمْ كَآ فَّةً ۗ وَا عْلَمُوْۤا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

inna 'iddatasy-syuhuuri 'ingdallohisnaa 'asyaro syahrong fii kitaabillaahi yauma kholaqos-samaawaati wal-ardho min-haaa arba'atun hurum, zaalikad-diinul-qoyyimu fa laa tazhlimuu fiihinna angfusakum wa qootilul-musyrikiina kaaaffatang kamaa yuqootiluunakum kaaaffah, wa'lamuuu annalloha ma'al-muttaqiin

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At-Taubah 9: Ayat 36)

* Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh, 13-15 Muharram

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:03 WIB

Lima Nasehat Nabi tentang Perdamaian yang Menyejukkan

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:26 WIB
X